Kawasan wisata Gua Putri OKU mulai dibenahi

id goa putri, kawasan wisata goa putri

Kawasan wisata Gua Putri OKU mulai dibenahi

Kawasan wisata goa putri sementara ditutup untuk umum (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kawasan wisata Gua Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada Sabtu (14/3), sekarang mulai dilakukan pembenahan.

"Pasca mengalami kerusakan karena diterjang banjir bandang, Gua Putri sekarang sudah dibuka untuk umum. Saat ini perbaikan mulai dilakukan secara bertahap," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Ogan Komering Ulu (OKU), Paisol Ibrahim di Baturaja, Minggu.

Dijelaskannya, pihaknya membutuhkan dana perbaikan gua sekitar Rp300 juta yang rencananya didapat dari bantuan Kementrian Pariwisata.

"Namun, kata dia, jika tidak memungkinkan akan dianggarkan melalui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) APBD OKU tahun ini.

Menurut dia, besaran dana tersebut diperuntukan membangun pagar kawasan gua putri , jalan dan isntalasi listrik serta perbaikan konblok yang rusak.

"Ini semua demi kenyamanan dan keamanan para pengunjung yang datang ke Gua Putri," ungkapnya.

Disamping itu, untuk mengantisifasi kerusakan dan terjadinya banjir kembali, pihaknya juga akan memasang besi yang rapat di mulut gua dengan harapan dapat menahan derasnya debit air serta tumpukan sampah terbawa arus sungai.

Sebab, kata dia, sangat tidak mungkin untuk mengalihkan air agar masuk ke dalam gua, karena anak Sungai Semuhun harus tetap melintasi Gua Putri yang tidak bisa terlepas dari wahana air.

"Jadi sifatnya kita hanya mengantisipasi terjadi kerusakan akibat banjir. Saat ini objek wisata Gua Putri sudah dibuka untuk umum dan pengunjung tidak perlu khawatir," ujarnya.