DPRD: PU maksimalkan pemeliharaan jalan

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Panitia khusus IV DPRD Sumatera Selatan berharap Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga setempat untuk lebih intensif memaksimalkan pekerjaan pemeliharaan jalan agar tepat waktu dan tepat sasaran.

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Sumatera Selatan Yulius Maulana di Palembang, Kamis, menyampaikan harapan itu terkait Laporan keterangan pertanggungjawaban gubernur pada tahun anggaran 2014.

Pihaknya juga meminta agar pemeliharaan rutin jalan provinsi dilakukan secara berkala seperti pekerjaan tebas bayang di sisi kiri dan kanan jalan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan tindakan kriminal.

Pansus juga mengharapkan gubernur pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III Sumatera Kementerian Pekerjaan Umum dapat segera memperbaiki jalan nasional yang mengalami kerusakan terutama pada ruas Palembang-Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan Palembang-Kabupaten Banyuasin.

Pihak PU Bina Marga kiranya dalam melaksanakan pembangunan dapat memberi porsi anggaran yang sama terhadap pembangunan di wilayah I dan wilayah II.

Kemudian pihaknya juga meminta agar segera melakukan perbaikan konstruksi "box culvert" di Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara Kelurahan Bukit Baru Palembang (arah jembatan Musi II) yang permukaannya lebih tinggi dari permukaan jalan sehingga sering kali mengakibatkan kemacetan lalu lintas di lokasi itu.

Sebab pada tahun anggaran 2014 belanja pada Dinas PU BM disetujui sebesar Rp545,85 miliar yang terdiri atas belanja tidak langsung dan langsung.

Sementara realisasi keuangan senilai Rp494,76 miliar atau sekitar 97,39 persen, dan realisasi fisik sebesar Rp90,55 persen, katanya.