Legislator: BPJS masih perlu lakukan sosialisasi

id bpjs, dprd sumsel

Legislator: BPJS masih perlu lakukan sosialisasi

BPJS Kesehatan (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan Fahlevi Maizano menyatakan pihak Dinas Kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial masih perlu menyosialisasikan program BPJS kesehatan kepada masyarakat.

"Masih perlu sosialisasi dari Dinas Kesehatan dan BPJS sebagai provider dari jaminan kesehatan nasional," kata Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan Fahlevi Maizano di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini yang dikeluhkan masyarakat, karena peserta BPJS kesehatan masih sulit mendapatkan tempat tidur sehingga menunggu.

"Jadi, seolah-olah BPJS tidak ada guna makanya saya katakan dengan Dinkes dan BPJS bahwa seharusnya sarana disiapkan dulu untuk pelayanan kesehatan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang, R Candra Budiman, menyatakan berbicara jaminan kesehatan adalah bicara sistem karena keterlibatan pemerintah dalam hal ini menyediakan fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

Kemudian legislatif dalam membuat aturan dan regulasi dan rumah sakit sebagai mitra provider dan BPJS kesehatan sebagai operator, ujarnya.

Ia menuturkan, keempat pilar itu harus berjalan seiring dan sinergi, jadi peningkatan jumlah fasilitas kesehatan dan jumlah SDM berjalan seiring dengan pertumbuhan jumlah peserta BPJS kesehatan.

Jadi, kalau ini bisa berjalan dengan baik maka tidak ada permasalahan di lapangan, karena UU BPJS dan aturan sudah jelas siapapun masyarakat peserta BPJS kesehatan tidak boleh ada biaya selisih satu rupiah pun selagi mereka menggunakan sesuai hak dan prosedur, tuturnya.

Tetapi, dalam perjalanan di lapangan jumlah tempt tidur kurang, jadi seolah-olah kalau pasien BPJS sulit mendapatkan tempat tidur padahal dicek di seluruh rumah sakit, jangankan peserta BPJS peserta umum juga sulit mendapatkan tempat tidur, katanya.