Operasional kapal cepat Palembang-Bangka belum normal

id kapal cepat, jetfoil, pelayanan kapal cepat palembang-bangka belum normal, kapal, belum normal, pelabuhan boom baru

Operasional kapal cepat Palembang-Bangka belum normal

Pelayanan kapal cepat Palembang-Bangka belum normal akibat penumpang sepi. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Sistem operasional armada kapal cepat secara bergilir yang diterapkan pada awal Maret ini untuk mengatasi sepinya penumpang beberapa bulan terakhir masih akan dilanjutkan pada bulan depan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Operasional kapal cepat milik dua perusahaan jasa angkutan laut yang melayani pelayaran rute Palembang-Bangka, belum normal karena hingga April 2015 masih menerapkan sistem operasional armada secara bergilir.

Sistem operasional armada kapal cepat secara bergilir yang diterapkan pada awal Maret ini untuk mengatasi sepinya penumpang beberapa bulan terakhir masih akan dilanjutkan pada bulan depan, kata Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis.

Menurut dia, sistem pelayanan tersebut akan terus diterapkan hingga kondisi jumlah penumpang kembali ramai, karena jika dipaksakan beroperasi sesuai jadwal yang ditetapkan masing-masing perusahaan Express Bahari dan Sumber Bangka menjalankan satu armada bisa terjadi persaingan tidak sehat.

Jumlah penumpang dalam kondisi sepi sekarang ini paling banyak 150 orang sementara kapasitas armada kapal bisa mencapai 400 orang, jika ada dua kapal yang beroperasi artinya bisa semakin sedikit penumpang yang diangkut dan tidak bisa menutupi biaya operasional.

"Untuk menyiasati masalah sepinya penumpang, dan mencegah timbulnya kerugian yang besar, kami dari Express Bahari sepakat dengan pengelola kapal cepat Sumber Bangka untuk membuat jadwal pelayaran secara bergilir satu hari berangkat satu hari libur," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai kesepakatan itu pada tahap awal Maret ini jadwal pelayanan kapal cepat Express Bahari setiap tanggal genap berangkat, sedangkan kapal Sumber Bangka melayani penumpang setiap tanggal ganjil dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB.

Dengan dilanjutkannya kesepakatan sistem operasional armada kapal cepat secara bergilir itu pada April nanti dilakukan perubahan jadwal pelayanan.

Mulai April jadwal pelayanan kapal cepat Express Bahari setiap tanggal ganjil berangkat melayani rute Palembang-Bangka, sedangkan kapal Sumber Bangka melayani penumpang setiap tanggal genap dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB.

Bagi pelanggan Express Bahari dan Sumber Bangka yang akan menggunakan jasa angkutan kapal cepat dapat memperhatikan jam operasi atau jadwal pelayanan yang telah ditetapkan secara bergiliran tersebut, katanya.

Sementara petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Palembang, Apran sebelumnya menjelaskan dalam kondisi sekarang ini jumlah pengguna jasa angkutan kapal di Pelabuhan Boom Baru Palembang dan sebaliknya dari Bangka mengalami penurunan hingga 50 persen lebih dari kondisi normal sebelum terjadi kenaikan harga BBM.

"Kanaikan harga BBM yang mempengaruhi naiknya tarif pelayanan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka berdampak menurunnya jumlah penumpang. Dalam kondisi jam operasional bergilir sekarang paling banyak 150 penumpang yang berangkat dan datang melalui pelabuhan ini," ujarnya.