Kemenag: CJH OKU siapkan mental

id haji, jamaah haji

Kemenag: CJH OKU siapkan mental

Jamaah haji (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan H Darami mengimbau seluruh calon jamaah haji di daerah itu agar mempersiapakan mental dan fisik masing-masing sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Imbauan itu disampaikan Darami di hadapan 258 orang calon jamaah haji (CJH) asal Ogan Komering Ulu (OKU) yang mengikuti manasik haji di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, sebagai bentuk perhatian kepada CJH OKU, maka pihaknya mulai sekarang menggelar manasik haji secara rutin di aula Kantor Kementrian Agama setempat.

"Kegiatan ini kita lakukan tanpa memungut biaya sepeserpun. Tujuannya agar CJH OKU bisa siap lahir dan batin untuk menunaikan ibadah haji," katanya.

Selain itu lanjut dia, pihaknya setiap Jumat juga mengumpulkan seluruh CJH OKU agar mengikuti jalan santai dan senam kesegaran jasmani supaya fisik para calon tamu Allah SWT tersebut, khususnya yang sudah berusia lanjut bisa tetap terjaga.

"Di OKU banyak CJH yang sudah berusia lanjut. Karena itu saya berinisiatif menggelar berbagai kegiatan guna mempersiapkan mental dan fisik mereka," katanya.

Menyinggung soal ongkos naik haji pada 2015, Darami menambahkan, pihaknya belum tahu apakah akan naik atau masih sama seperti tahun lalu berkisar Rp37 juta, sebab belum ada petunjuk dari pusat.

Kendati demikian kata Darami, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, maka diprediksi ongkos naik haji tahun ini akan naik menjadi Rp42,5 juta perorang.

"Kenaikan itu mengacu nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus merosot. Kendati belum resmi, tetapi saya berharap sebanyak 258 orang CJH OKU bisa mempersiapkan diri agar jangan sampai nanti batal naik haji gara-gara tak bisa melunasi ongkosnya," ujarnya.