Pelindo Palembang remajakan peralatan bongkar muat

id pt pelabuhan indonesia ii, pelabuhan boom baru, pelindo

Pelindo Palembang remajakan peralatan bongkar muat

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya memperbarui atau meremajakan peralatan untuk lebih memudahkan kegiatan bongkar muat dan pelayanan jasa kepelabuhan lainnya.

"Sejumlah peralatan di Pelabuhan Boom Baru ini sudah berusia tua, untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional secara bertahap dilakukan peremajaan," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang kota setempat Fransiska Riana di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, peralatan yang kondisinya sudah tua seperti "container crane", perlu segera diganti karena tidak sesuai dengan aktivitas pelayanan jasa kepelabuhan yang terus mengalami peningkatan.

Beberapa peralatan di pelabuhan Boom Baru yang sudah berusia tua kemampuannya terus berkurang, sehingga jika tidak segera diganti akan menurunkan kinerja perusahaan.

Sebagai contoh "container crane" yang kurang efisien dan perlu dilakukan penggantian karena kapasitas daya angkut rendah yakni maksimal 30 ton dan kemampuannya kini terus berkurang.

Sedangkan dengan peralatan baru yang lebih canggih memiliki kapasitas daya angkut lebih besar hingga mencapai 60 ton, sehingga dapat mendukung optimalisasi pelabuhan di kawasan Sungai Musi Palembang ini yang aktivitasnya kini terus mengalami peningkatan, katanya.

Menurut dia, PT Pelindo II Cabang Palembang berupaya mengoptimalkan Pelabuhan Boom Baru dan menjadi perusahaan penyedia jasa kepelabuhan di wilayah Sumsel yang lebih efisien dan modern.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya terus berupaya mengganti peralatan bongkar muat yang kondisinya sudah tidak efisien lagi.

Sekarang ini pelabuhan Boom Baru sudah meremajakan sejumlah peralatan bongkar muat yang cukup canggih seperti dua unit "container crane" dan empat unit "Rail Mounted Gantry Crane" (RMGC) untuk menunjang kegiatan bongkar muat di dermaga peti kemas.

Selain itu dilengkapi empat unit "jeb crane" untuk memperlancar kegiatan pelayanan bongkar muat barang nonpeti kemas di dermaga konvensional, kata Fransiska.