Pembangunan infrastruktur Lubuklinggau dipercepat

id lubuklinggau, pemkot lubuklinggau

Pembangunan infrastruktur Lubuklinggau dipercepat

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pembangunan enam item infrastruktur jalan dan lainnya di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, dipercepat untuk menyambut program kepariwisataan "Visit Lubuklinggau 2015".

Keenam pembangunan infratsruktur itu antara lain jalan, kelistrikan, objek wisata dan revitalisasi drainase, kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Rabu.

"Kita akan menyelesaikan enam prioritas pembangunan infrastruktur pada tahun jamak yang saat ini tengah berjalan, sehingga bisa digunakan dalam menyambut kunjungan para tamu pada pertengahan tahun 2015," katanya di Lubuklinggau.

Ia mengatakan keenam prioritas pembangunan itu sebagian besar sudah berjalan bahkan hampir rampung, namun ada beberapa yang pengerjaannya yang harus dirampungkan menjelang "Visit Linggau 2015".

Pembangunan infrastruktur dengan skema pelaksanaan multi years yaitu antara lain pelebaran jalan simpang bandara hingga Lubuk Kupang dan pembangunan Jembatan Kelingi di daerah setempat.

Selain itu pengembangan Infrastruktur Dasar Perkotaan (Kelistrikan), Ruang Publik (kawasan Masjid Agung As Salam, Subkoss Garuda dan Lapangan Merdeka), gedung DPRD dan drainase dalam perkotaan.

Pelebaran jalan simpang Bandara Lubuk Kupang meliputi Pelebaran Jalan Yos Sudarso dari Perbatasan Kota di Kelurahan Lubuk Kupang sampai ke Traffic Light Simpang Bandara, sepanjang 6,68 Km, Lebar jalan 15 meter dengan Pendanaan Multi Years.

Pengerjaan pelebaran jalan di sepanjang jalan Yos Sudarso sampai ke Traffic Light simpang periuk, dengan lebar badan jalan 15 meter pendanaannya multi years dengan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah, ujarnya.

Kabag Humas Pemda Kota Lubuklinggau Hendra Gunawan menambahkan pengembangan Infrastruktur Kelistrikan dengan menggunakan sistem pengembangan Solar Cell dan LED.

Infrastruktur Solar Cell itu telah dipasang di Bukit Sulap, Taman Kurma, Air Terjun Temam, sedangkan lampu hias telah dipasang di sepanjang jalan utama Kota Lubuklinggau.

Untuk pengembangan Kawasan Masjid Agung dan Lapangan Merdeka di antaranya, Rencana Air Mancur Masjid Agung, Gedung Penunjang tiga lantai, Menara Masjid, Tempat Wudhu, Halaman Masjid dan WC, Pintu Utama serta Pendopoan.

"Ada juga pembangunan gedung DPRD serta Revitalisasi drainase dalam kota yang kita usahakan selesai pada tahun ini agar dapat digunakan pada Visit Linggau 2015," ujarnya.