Pelabuhan Palembang tingkatkan pengamanan cegah barang ilegal

id pelindo, pelabuhan boom baru, boom baru, peningkatan penagamna, cegah masuiknya barang ilegal, bongkar muat, pelabuhan

Pelabuhan Palembang tingkatkan pengamanan cegah barang ilegal

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Pelabuhan Boom Baru yang sekarang ini mengalami peningkatan aktivitas bongkar muat perlu diimbangi dengan peningkatan pengamanan dan pengawasan secara ketat terhadap setiap barang yang masuk dan keluar melalui pelabuhan ini...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, terus berupaya meningkatkan pengamanan pelabuhan Boom Baru guna mencegah masuknya barang yang tidak memiliki izin atau ilegal dari berbagai daerah di dalam negeri dan luar negeri.

"Pelabuhan Boom Baru yang sekarang ini mengalami peningkatan aktivitas bongkar muat perlu diimbangi dengan peningkatan pengamanan dan pengawasan secara ketat terhadap setiap barang yang masuk dan keluar melalui pelabuhan ini," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana, Selasa.

Menurut dia, dengan dilakukannya peningkatan pengamanan dan pengawasan secara ketat seluruh aktivitas di area pelabuhan ini, diharapkan setiap ada upaya seseorang atau sekelompok tertentu mengirim atau mendatangkan barang yang tidak memiliki izin atau dilarang masuk dan beredar di wilayah Indonesia, dapat dicegah.

Untuk melakukan tindakan pencegahan tersebut, pihaknya terus melakukan pembenahan dengan memperbaiki sistem yang dinilai kurang efektif dan menambah sejumlah peralatan pendukung yang dapat memudahkan petugas melakukan pengamanan dan pengawasan barang yang dibongkar muat.

Melalui upaya tersebut, sejauh ini dapat menutup celah masuk dan keluarnya barang ilegal dari Pelabuhan Boom Baru yang beroperasi di kawasan Sungai Musi Palembang itu, katanya.

Dia menjelaskan, aktivitas bongkar muat di pelabuhan ini terus mengalami peningkatan seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dan dilakukannya pengembangan jenis jasa layanan kepelabuhanan.

Pelabuhan Boom Baru Palembang yang selama ini hanya melayani jasa bongkar muat barang seperti bahan makanan, bahan bangunan, pupuk, peralatan mesin dan berbagai jenis barang lainnya secara curah dan menggunakan kontainer, sejak Agustus 2013 mulai melayani bongkar muat kendaraan bermotor roda empat.

Untuk mengantisipasi terus berkembangnya layanan jasa kepelabuhanan dan meningkatnya aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan yang ada di kota pempek ini, selain meningkatkan pengamanan, sekarang ini sedang dilakukan penataan ulang serta perluasan dermaga, gudang, dan lapangan peti kemas, kata Fransiska.