PDIP buka pendaftaran calon bupati di Sumsel

id pdip, buka pendaftaran calon bupati

PDIP buka pendaftaran calon bupati di Sumsel

PDI Perjuangan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PDI Perjuangan Sumatera Selatan mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten di provinsi tersebut yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah Desember 2015.

"Mulai besok kita akan membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pembukaan pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten di Sumsel itu dimulai pada 25 Maret sampai 25 April 2015.

Setelah itu, baru pengembalian formulir pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten tersebut, katanya.

Ia mengatakan, DPC PDI Perjuangan yang akan melakukan penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati itu dan selanjutnya memverifikasinya.

Nanti, DPC akan menyampaikan nama-nama bakal calon bupati/wakil bupati yang sudah dilakukan verifikasi ke DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, ujarnya.

Ia menyatakan, proses selanjutnya DPD PDI Perjuangan akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten di Sumsel itu.

Selanjutnya, DPD PDI Perjuangan Sumsel akan memilih tiga bakal calon bupati dan tiga bakal calon wakil bupati untuk dibawa ke DPP partai berlambang kepala banteng muncong putih tersebut.

DPP akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan kembali terhadap bakal calon bupati/wakil bupati tersebut.

Nanti, DPP akan memutuskan, satu bakal calon bupati dan satu bakal calon wakil bupati untuk diusung partai tersebut pada pilkada Desember nanti, jelasnya.

Sejumlah partai politik saat ini sudah membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten di Sumatera Selatan yang akan menggelar pilkada Desember 2015.

Di Sumsel sendiri ada tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara).