Kemenag Sumsel seleksi petugas haji

id haji, calon petugas haji

Kemenag Sumsel seleksi petugas haji

Petugas calon haji ke tanah suci (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan akan menyeleksi petugas untuk mendampingi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2015.

Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel Syaifudin Latief di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya akan menyeleksi masyarakat untuk mendampingi jamaah calon haji.

Memang, lanjut dia, ada tiga bidang seleksi yang akan dilakukan yakni untuk menjadi tim pemandu haji Indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) dan petugas yang menyertai jamaah di Arab Saudi.

Mengenai persyaratan yang dibutuhkan antara lain memiliki keahlian sesuai dengan bidang tugas mereka, kata dia.

Selain itu juga ada persyaratan lainnya seperti bisa mengoperasikan komputer karena ada akan ditempatkan di bidang tersebut.

Yang jelas, petugas tersebut memahami bahasa Arab sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Lebih lanjut dia mengatakan, petugas pembimbing haji tersebut pria dan wanita, namun bagi perempuan tidak boleh dalam kondisi hamil.

Sebagaimana Sumsel akan memberangkatkan calon jamaah haji melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang termasuk dari Bangka Belitung.

Pemberangkatan calon jamaah haji asal Bangka Belitung melalui Palembang itu karena daerah ini telah ditetapkan menjadi embarkasi, katanya.