Kodam Sriwijaya amankan puluhan ton BBM

id bbm, kodam amankan minyak mentah

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jajaran Kodam II Sriwijaya mengamakan puluhan ton minyak mentah di peraian Muara Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu.

Pihaknya mendapat laporan dari masyarakat dan setelah dicek ternyata betul, kata Kapendam II/Sriwijaya Letkol Arh Syaiful Mukti Ginanjar kepada wartawan di Palembang, Senin petang.

Ada enam kapal yang diamankan dan dua diantara kapal tanker, ujar Kapendam yang didampingi Danden Intel Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf M Tohir.

Kapal memang ada yang usai melaksanakan pengisian minyak dengan yang lain sehingga pihaknya mengamankan barang dan kapal tersebut, ujar dia.

Memang, lanjut dia, saat melaksanakan pengaman ada satu kapal tanki yang sudah berangkat sehingga pihaknya tidak melaksanakan pengejaran.

Sementara Danden Intel Kodam Sriwijaya mengatakan, memang pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada kapal yang sedang memuat yang diduga minyak.

Dengan adanya laporan tersebut pihaknya membentuk tim untuk melakukan pemantauanm dilapangan.

Menurut dia, setelah dicek ternyata kapal tersebut membuat minyak dengan tidak ada surat resmi.

Oleh karena itu pihaknya mengamankan kapal tersebut termasuk barang bukti berupa puluhan ton minyak.

Selain itu pihaknya mengamankan sembilan orang yang berada dienam kapal tersebut dan saat ini sudah diserakan ke Polda Sumsel.

Kapal tersebut berdasarkan keterangan berasal dari Batam dan minyak tersebut juga akan dibawa ke daerah kepulauan tersebut, kata dia.

Selain itu berdasarkan keterangan kapal itu sudah beberapa kali melakukan bongkar muat minyak tersebut, kata dia.