Pangdam Sriwijaya panen bersama di Banyuasin

id pangdam, panen padi

Pangdam Sriwijaya panen bersama di Banyuasin

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar Sahil (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil bersama masyarakat panen padi bersama di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyasin, Sumatera Selatan, Minggu.

Panen bersama masyarakat itu sebagai bentuk keseriusan Pangdam II/Sriwijaya dalam mendukung program ketahanan pangan.

Panen padi di areal 1.500 hektare tersebut juga dihadiri Direktur Parscapanen Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian P Dadi Permana dan rombongan lainnya.

Pangdam mengatakan, Kodam II/Sriwijaya siap mendukung pemerintah daerah dan pusat dalam menyukseskan program ketahanan pangan.

Aparat komando kewilayahan khususnya para Babinsa siap melakukan pendampingan terhadap kelompok tani untuk melaksanakan penanaman padi, ujar Pangdam.

Bahkan, pihaknya telah menyiapkan ratusan personel untuk membantu menanam padi, kata dia.

Sementara mengenai pendistribusian pupuk, Pangdam menjelaskan, pihaknya siap membantu dan akan berkoordinasi dengan distributor pupuk dan Dinas Pertanian.

Pengawalan itu agar pupuk bersubsidi benar-benar sampai ke sasaran atau para petani.

Begitu juga permasalahan lain terkait upaya mewujudkan ketahanan pangan pihaknya akan membantu, termasuk masalah jaringan irigasi.

Bukan itu saja tetapi pihaknya akan menjamin agar masyarakat petani memiliki mesin pemotong padi Combine Harvester sendiri, tidak lagi mendatangkan dari luar.

Yang jelas, apa yang dibutuhkan negara dari TNI, pihaknya siap melaksanakannya supaya program ketahanan pangan berhasil.

Usai melaksanakan panen padi, Pangdam II/Swj beserta rombongan juga menabur benih serta meninjau proses pengeringan dan penggilingan padi hasil panen.