Jumlah penumpang kapal cepat Palembang-Bangka merosot

id kapal cpat, penumpang kapal cepat sepi, jetfoil, pelabuhan boom baru

Jumlah penumpang kapal cepat Palembang-Bangka merosot

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Jumlah penumpang kapal cepat sekarang ini paling banyak 150 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 340 orang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah penumpang kapal cepat atau "jetfoil" tujuan Palembang-Bangka dalam sebulan terakhir merosot.

"Jumlah penumpang kapal cepat sekarang ini paling banyak 150 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 340 orang," kata Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat.

Dengan merosotnya jumlah penumpang tersebut, pihaknya bersama satu perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat lainnya, terhitung Maret 2015, sepakat mengoperasikan kapal secara bergiliran untuk mengatasi sepinya penumpang.

Untuk menyiasati masalah sepinya penumpang, pihaknya dari Express Bahari sepakat dengan pengelola kapal cepat Sumber Bangka membuat jadwal pelayaran secara bergilir satu hari berangkat satu hari libur.

Penerapan jadwal pelayanan secara bergilir itu tidak ditentukan batas waktu berakhirnya.

Pelaksanaan jadwal pelayanan bergilir disesuaikan dengan perkembangan jumlah penumpang, jika kondisi bergerak menuju ke arah normal akan segera dikembalikan pada posisi jadwal pelayanan yang diberlakukan selama ini, katanya.

Dia menjelaskan sesuai kesepakatan itu jadwal pelayanan kapal cepat Express Bahari setiap tanggal genap berangkat, sedangkan kapal Sumber Bangka melayani penumpang setiap tanggal ganjil dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya yakni pukul 07.00 WIB.

Bagi pelanggan Express Bahari dan perusahaan lainnya yang akan menggunakan jasa angkutan kapal cepat dapat memperhatikan jam operasi atau jadwal pelayanan yang telah ditetapkan secara bergiliran tersebut, ujar dia pula.