Kemendikbud libatkan perguruan tinggi pantau UN 2015

id ujian nasional, ptn pantau ujian nasional

Kemendikbud libatkan perguruan tinggi pantau UN 2015

Peserta Ujian Nasional SMP Negeri (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melibatkan sebanyak 51 perguruan tinggi negeri untuk memantau pelaksanaan Ujian Nasional 2015.

"Kalau tahun lalu, PTN dilibatkan sebagai pengawas. Maka tahun ini hanya dilibatkan sebagai pemantau," ujar Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Tugas dari pemantau tidak hanya dilakukan pada pelaksanaan UN saja, tapi dari sejak penyaluran soal UN.

Tak hanya memantau, PTN juga bertugas memindai lembar jawaban ujian nasional (LJUN).

"Pemantau hanya berada di tingkat kabupaten/kota. Tidak sampai ke sekolah seperti tahun lalu," jelas dia.

Nizam yakin pelaksanaan UN 2015 akan berlangsung baik karena Kemdikbud sudah menyiapkan semuanya dengan baik.

"Kami terus melakukan pemantauan pencetakan naskah soal UN. Kalau ada masalah, kami segera cari solusinya," tegas dia.

Jumlah peserta UN 2015 sebanyak 7,3 juta siswa terdiri dari 3,7 juta siswa SMP, 1,6 juta siswa SMA, sebanyak 1,1 siswa SMK, dan 632.214 siswa pendidikan kesetaraan.

UN untuk tingkat SMA/SMK diselenggarakan pada 13 April-15 April 2015. Sementara untuk tingkat SMP pada 4 Mei - 7 Mei 2015.

Tak hanya berbasis kertas, pada tahun ini juga dilangsungkan UN berbasis komputer yang berlangsung pada 7 April - 20 April 2015.

Berbeda dengan penyelenggaraan UN sebelumnya, UN pada tahun ini tidak lagi menjadi syarat kelulusan, karena kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan.

Namun hasil UN digunakan untuk pemetaan mutu dan program satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang berikutnya, serta pembinaan dan pemberian bantukan kepada satuan pendidikan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.