KPU Sumsel konsolidasi penyelenggaraan Pilkada ke Batam

id kpu, kpu sumsel

KPU Sumsel konsolidasi penyelenggaraan Pilkada ke Batam

KPU Sumsel Ahmad Naafi (Foto Antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan mengikuti rapat kerja konsolidasi program kerja bidang sumber daya manusia di lingkungan KPU dan kesiapan SDM dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak 2015 ke Batam.

"KPU Sumatera Selatan akan bertolak menuju Batam Kepulauan Riau pada hari ini," kata Anggota KPU Sumatera Selatan divisi hukum, pengawasan, sosialisasi dan pendidikan pemilih, Ahmad Naafi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, persiapan konsolidasi sudah dilakukan sejak satu minggu terakhir dengan membawa bahan, berkas serta masukan terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota 2015.

Ia mengatakan, rapat kerja itu digelar di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sekupang Kota Batam selama tiga hari yang diikuti oleh ketua KPU Provinsi, anggota KPU divisi SDM, Sekretaris dan Kabag SDM se Indonesia.

Ia menyatakan, persiapan sudah dilakukan termasuk masukan draft PKPU tentang Pilkada, up date data sumber daya manusia (SDM) KPU provinsi, kabupaten dan kota, kesiapan SDM di daerah otonomi baru, masukan terhadap rencana strategis, daftar inventarisasi masalah bidang SDM, serta usulan rencana kerja 2016.

Selain itu, laporan kesiapan SDM KPU provinsi dan kabupaten/kota dalam menghadapi Pilkada serentak, katanya.

Ia menuturkan, berkas-berkas itu sudah disiapkan secara matang dan dibawa ke Batam pada Rabu ini, termasuk berbagai masukan dari KPU provinsi, kabupaten dan kota menyangkut analisis draft PKPU yang sudah diuji publik oleh KPU RI.

"Raker ini sangat penting, karena menyangkut persiapan dan masa kerja KPU kedepan," ujarnya. Pada raker itu akan dibahas juga mengenai kinerja KPU dan sekretariat di samping dilakukan evaluasi terhadap kerja yang telah dilakukan dan membahas rencana kerja 2016.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sumsel H Aspahani mengatakan, raker regional I di Batam bidang kepegawaian dan SDM mengambil tema Konsolidasi program SDM dalam rangka penguatan kelembagaan KPU yang dibagi menjadi dua gelombang.

"KPU Sumatera Selatan masuk dalam gelombang pertama bersama dengan KPU provinsi di Sumatera, Jawa dan Kalimantan," katanya.