Menag harapkan pengajian khusus Indonesia di Masjid Alharam

id menag, pengajian, pengajian khusus, jamaah haji, haji

Menag harapkan pengajian khusus Indonesia di Masjid Alharam

Kabah Mekah (FOTO ANTARA/AFP/ FAYEZ NURELDINE)

...Pengajian ini perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan para jamaah haji tentang haji yang sedang dilakukan dan amal-amal ibadah terkait lainnya...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan adanya pengajian khusus bagi jamaah haji Indonesia di Masjid Alharam, Arab Saudi.
       
"Pengajian ini perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan para jamaah haji tentang haji yang sedang dilakukan dan amal-amal ibadah terkait lainnya," kata Lukman seperti dikutip dari laman kemenag.go.id yang dipantau dari Jakarta, Selasa.
       
Menag mengatakan pengajian itu dilaksanakan pada musim haji yang diisi ceramah agama oleh ulama Indonesia.
       
Harapan itu disampaikan menag saat bersilaturrahim ke kediaman imam dan khatib Masjid Alharam, Syeikh Saud bin Ibrahim Assyuraim.
       
Syeikh Syuraim sendiri menyambut baik kunjungan dan usulan Menag. Menurut dia, pengajian khusus jamaah haji Indonesia itu dimungkinkan. Namun untuk kepastiannya dia menyarankan Lukman untuk membicarakan itu dengan menteri yang bersangkutan.
       
Lukman juga berdiskusi tentang penetapan awal bulan Ramadhan dengan Syeikh Syuraim.
       
Syeikh mengatakan penetapan awal bulan suci di Arab Saudi menggunakan metode rukyatulhilal atau melihat bulan. Menurut dia, metode rukyat ini sudah menjadi tradisi turun-temurun di kalangan masyarakat Arab.
       
Dikatakan Syeikh Syuraim, Indonesia memiliki bentang alam memanjang dari timur ke barat dan bukan melebar dari utara ke selatan. Dengan demikian mestinya tidak ada khilaf atau perbedaan dalam penetapan awal bulan di antara kalangan Muslim di Indonesia.
       
Sementara itu, Lukman juga mengemukan rencananya untuk membuat materi pengajian secara digital. Materinya akan dipasang di sejumlah titik strategis seperti di menu audio visual pesawat sehingga jamaah dapat mendengarkannya selama dalam penerbangan.