Rumah Potong Hewan Palembang perlu dimodernisasi

id walikota, harnojoyo, rumah potong, RPH,daging sapi

Rumah Potong Hewan Palembang perlu dimodernisasi

Ilustrasi --- Penjualan daging sapi di pasar tradisional Cinde Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Kota Palembang berharap mendapatkan asupan dana karena kebutuhan sekitar Rp67 miliar atau tidak dapat hanya mengandalkan dari APBD....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Rumah potong hewan di Palembang, Sumatera Selatan, perlu dimodernisasi untuk menunjang peran kota sebagai tuan rumah pada ajang olahraga akbar Asian Games tahun 2018.

Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan rumah potong hewan (RPH) saat ini dari sisi jumlah terbilang sudah mencukupi, namun secara fasilitas masih sangat sederhana atau cenderung tradisional.

"Jika dibangun satu saja RPH modern tentunya akan semakin menunjang peran Sumsel sebagai daerah yang sering menggelar ajang nasional dan internasional," ujar dia seusai menerima kedatangan anggota Komisi VI DPR RI Wahyu Sanjaya dan anggota Komisi X Kahar Muzakir.

RPH modern lebih menjamin kebersihan dari proses penyembelihan, pemotongan, hingga pengangkutan.

Selain itu, setiap pengerjaan memiliki standardisasi terkait dengan sertifikasi halal.

Menurut Harnojoyo, harapan untuk memiliki RPH modern ini sudah disampaikan kepada anggota DPR RI Wahyu Sanjaya dan Kahar Muzakir.

Kota Palembang berharap mendapatkan asupan dana karena kebutuhan sekitar Rp67 miliar atau tidak dapat hanya mengandalkan dari APBD.

"Keinginan ini sudah disampaikan, dan akan diperjuangkan oleh wakil rakyat asal Sumsel Wahyu Sanjaya dan Kahar Muzakir. Kebetulan keduanya juga anggota badan anggaran," kata dia.