Ribuan siswa OKU tak terima dana BOS

id dana bos, dana bantuan operasional sekolah

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Ribuan orang siswa di tiga sekolah tingkat SMA di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan tidak menerima dana Bantuan Operasional Sekolah anggaran 2015 yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan setempat.

Informasi di lapangan, Kamis menyebutkan ribuan orang siswa di tiga sekolah tersebut tidak menerima dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan pertama yaitu SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu (OKU) sebanyak 720 siswa yang diajukan hanya dipenuhi 82 orang penerima bantuan.

Selanjutnya, SMA Negeri 4 OKU sebanyak 700 siswa yang diusulkan hanya terakomodir 200 siswa dan SMA Negeri 6 dari pengajuan 300 hanya 30 orang siswa menerima dana BOS.

Sementara Kepala SMA 3 OKU, Ibnu Sodiq saat dikonfirmasi terkait masalah dana bantuan dari pemerintah untuk siswa itu membenarkan masalah tersebut.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kesalahan sistem saat mendata siswa calon penerima dana BOS ada yang tidak terdata, namun informasi diterima semua dalam proses perbaikan.

Hal itu karena mungkin mengejar tenggat waktu, sehingga ada ter-upload ada yang tidak, jelasnya.

"Sekolah kami mengajukan untuk 720 orang siswa, namun yang terakomodir hanya 82 siswa. Itu pengajuan dana bantuan operasional sekolah. Sekarang sudah diusulkan kembali," katanya.

Sementara itu, saat wartawan Antara mengkonfirmasi masalah tersebut di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) OKU, baik Kepala Diknas Mahyudin Helmi maupun Kabid Pendidikan Dasar Menegah, Paranto tidak ada di tempat.