Polres Lubuklinggau berantas pembegal

id polres, polres lubuklinggau

Polres Lubuklinggau berantas pembegal

Polres Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Polres Lubuklinggau, Sumatera Selatan, bersama jajarannya memberantas kawanan pembegal yang marak beraksi di wilayah itu melalui operasi rutin karena dianggap sudah meresahkan masyarakat.

Ada beberapa daerah rawan aksi kejahatan di Kota Lubuklinggau antara lain di Kelurahan Siring Agung dan Kelurahan Petunang, karena daerah itu relatif sepi dan rawan perampokan, kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Christian Lumban Gaol, Jumat.

"Kita sudah perintahkan pada setiap Polsek untuk meningkatkan pengamanan melalui operasi rutin dan sosialisasi terhadap masyarakat, agar aksi kejahatan itu bisa ditekan," tandasnya.

Korban pelaku kawanan begal itu adalah pengendara sepeda motor, sedangkan sasarannya siswa dan masyarakat umum saat jam sepi atau siswa pulang sekolah.

Kawanan pembegal itu tak segan-segan melukai korbannya bahkan ada hingga meninggal dunia akibat dibacok untuk merebut harta korban, tandasnya.

Saat ini sudah belasan pembegal yang diamankan, tapi yang masih berkeliaran tetap masih banyak dan setiap saat mengancam keselamatan masyarakat, dengan demikian pelaku kejahatan itu akan disikat habis, tandasnya.

"Kami meningkatkan operasi baik siang maupun malam hari di beberapa titik rawan tindak pencurian dan kekerasan, hal itu juga mohon bantuan masyarakat untuk melaporkan atau menangkap pelaku kejatan tersebut," ujarnya.

Kapolsek Lubuklinggau IPTU Dedi Putra Jaya mengatakan saat ini sudah menurunkan anggota dan terus berupaya melakukan tindakan agar aksi para pembegal itu dapat dihentikan.

Anggota dengan tim khusus sudah melakukan patrol siang dan malam hari serta mengejar pelaku yang sudah dilaporkan masyarakat.

Untuk membantu kelancaran operasi itu, dia minta masyarakat Kota Lubuklinggau selalu waspada, terutama saat berkendaran melintasi kawasan rawan akan tindakan kriminalitas.

Setiap melintasi kawasan rawan perampokan itu, masyarakat diimbau agar tidak sendirian karena pelaku akan memanfaatkan situasi tersebut.

Dengan demikian ia bersama jajarannya terus melakukan sosialisasi, dengan tujuan selalu mengingatkan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dalam kegiatan sehari-hari.

Ia mengatakan saat ini sudah ada beberapa pelaku begal di wilayah hukum Polres Lubuklinggau yang sudah diamankan, baik saat melakukan patrol maupun yang berhasil ditangkap masyarakat.

"Pelaku kejahatan itu sudah banyak kita tangkap, namun yang berkeliaran masih banyak, antisipasinya agar masyarakt tetap barhati-hati," tandasnya.