ORARI Sumsel siap bantu sosialisasikan kebijakan pemerintah

id orari, bantu sosialisasikan kebijakan pemerintah, alat komuniaksi, bantu pemerintah, sebarkan komunikasi

ORARI Sumsel siap bantu sosialisasikan kebijakan pemerintah

Pengurus ORARI Sumsel Yoriwansyah. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Kebijakan pemerintah sering tidak tersosialisasi dengan baik dan distribusinya ke pelosok desa sering terlambat karena terbatasnya kemampuan masyarakat mengakses informasi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia Sumatera Selatan siap membantu menyosialisasikan kebijakan pemerintah daerah dan pusat kepada masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota provinsi setempat.

"Perangkat komunikasinya anggota ORARI yang mampu menjangkau masyarakat hingga pelosok desa, tidak hanya digunakan untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antaranggota tetapi juga digunakan untuk menyebarkan berbagai informasi penting termasuk kebijakan pemerintah," kata Pengurus ORARI Daerah Sumatera Selatan Yoriwansyah sebelum pengukuhan pengurus ORARI di Palembang, Kamis.

Menurut dia, kebijakan pemerintah sering tidak tersosialisasi dengan baik dan distribusinya ke pelosok desa sering terlambat karena terbatasnya kemampuan masyarakat mengakses informasi.

Dengan dukungan anggota ORARI, kebijakan pemerintah dan informasi apa pun yang menyangkut kepentingan publik dapat disebarluaskan dan diketahui masyarakat dengan cepat, katanya.

Dia menjelaskan, sebagai gambaran pada Pemilu 2014, pihaknya memberikan dukungan komunikasi kepada Komisi Pemilihan Umum provinisi dan kabupaten/kota serta semua pihak yang terkait dalam pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu.

Anggota ORARI yang tersebar hingga pelosok desa membantu penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden periode 2014-2019 seperti informasi mengenai situasi, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta hasil pemungutan suara.

Selain itu pihaknya juga sering memberikan dukungan komunikasi mengenai kondisi suatu daerah dan peristiwa seperti aksi unjuk rasa, bencana kebakaran yang terjadi di sekitar lingkungan kerja dan tempat tinggal masyarakat, kecelakaan lalu lintas darat, laut, dan udara, serta bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan.

Dengan adanya dukungan komunikasi itu, diharapkan masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi mengenai kebijakan pemerintah, suatu peristiwa, dan hal penting dn menarik lainnya dengan cepat serta dapat memotivasi mereka untuk berpartisipasi memberi dukungan dan melakukan berbagai hal yang dapat mencegah timbulnya tindakan negatif, ujar Yori.