Pemkot siapkan anggaran pembebasan lahan bandara Silampari

id lubuklinggau, pemkot lubuklinggau

Pemkot siapkan anggaran pembebasan lahan bandara Silampari

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menyiapkan anggaran Rp14 miliar guna menyelesaikan pembebasan lahan untuk perluasan Bandar Udara Silampari.

"Dari luas 95 hektare saat ini, tinggal sembilan hektare lagi yang belum dibebaskan, dengan demikian pada anggaran 2015 sudah disiapkan untuk menyelesaikannya," kata Wali Kota Lubuklinggau S.N. Prana Putra Sohe di Lubuklinggau, Kamis.

Ia mengatakan dana pembebasan lahan itu diambil dari subsidi penerbangan Lubuklinggau-Palembang karena pada 2015 rute penerbangan ke ibu kota provinsi itu sementara dihentikan.

"Kita akan fokus membantu perluasan peningkatan Bandara Silampari, karena Pemkab Musirawas juga membantu untuk menghadirkan maskapai berbadan lebar ke wilayah itu," ujarnya.

Bila pengembangan bandara sudah meningkat dan sesuai standar nasional maka maskapai akan datang dengan sendirinya seperti perusahaan PT Garuda Indonesia dan Lion Air.

Pembebasan lahan itu, katanya, sesuai kesepakatan dengan Kementerian Perhubungan dan Pemkab Musirawas beberapa waktu lalu bahwa Pemkot Lubuklinggau mendapat jatah menyelesaikan pembebasan lahan.

"Saat ini, pembebasan lahan itu masih dalam proses dan dibantu Pemkab Musirawas, mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini. Apalagi status lahan itu sebagian besar bersertifikat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Musirawas Ari Narsa mengatakan penyelesaian pembangunan fasilitas bandara tersebut, saat ini sudah 80 persen selesai.

Meskipun masih ada penambahan fasilitas, katanya, tidak terhalang lagi untuk mendatangkan maskapai berbadan lebar, seperti Boeing 737-500 dan sejenisnya.

Ia mengatakan pembangunan fasilitas bandara itu perlu dikebut untuk melayani para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Lubuklinggau dalam agenda "Visit Linggau 2015".

Landasan pacu Bandara Silampari saat ini sudah 2.800 meter dan akan ditingkatkan menjadi 3.500 meter, dengan demikian masih diperlukan pembebasan lahan sekitar sembilan hektare lagi.

Saat ini, rute penerbangan Lubuklinggau-Jakarta masih dilayani maskapai Aviastar dua kali seminggu, yaitu pada Selasa dan Kamis.