Mensos: mahasiswa proaktif dalam pembangunan

id Mendos Khofifah, mahasiswa proaktif dalam pembangunan

Mensos: mahasiswa proaktif dalam pembangunan

Mensos pada kuliah umum di UIN Raden Fattah Palembang (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa minta kepada mahasiswa untuk lebih proaktif dalam pembangunan karena daya saing sekarang ini semakin ketat.

Peluang yang ada dihadapan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga pembangunan semakin berkembang, kata menteri saat kuliah umum pada cara Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa se Indonesia di UIN Raden Fatah Palembang, Selasa.

Menurut menteri, daya saing sekarang ini cukup ketat dan bila tidak dapat menanfaatkan peluang yang ada maka akan tertinggal.

Selain itu Badan Eksekutif Mahasiswa perlu melakukan telaah kepada dearah dan negara maju supaya mampu bersaing dimasa mendatang.

Dalam kesempatan itu menteri mengatakan, lemahnya daya saing itu juga membuat Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri masih mendapatkan perkerjaan yang bukan tenaga terampil.

Bukan itu saja tetapi juga TKI sering bermasalah akibat kurangnya sumber daya manusia yang berada di luar negeri tersebut.

Oleh karena itu tugas bersama terutama mahasiswa untuk meningkatkan daya saing sehingga pembangunan semakin maju dan berkembang, ujar dia.

Namun, lanjut dia, mahasiswa juga harus meningkatkan kualitas sumber daya yang ada agar mampu bersaing diberbagai bidang dimasa mendatang.

Isi dengan kemampuan diberbagai bidang seperti teknologi, desain dan rekayasa karena itu masih menjadi pesaing bagi Indonesia, ujar menteri.

"Yang jelas, BEM harus menjadi pendobrak dan pelopor untuk meningkatkan daya saing dimasa mendatang," katanya.

Sehubungan itu melalui pertemuan BEM se-Indonesia di Palembang ini diharapkan nantinya mendapatkan masukan terutama dalam bidang pembangunan.

Apalagi pertemuan dilaksanakan di UIN Raden Fatah Palembang akan mampu menghasilkan masukan yang bermanfaat terutama dalam pembangunan, ujar menteri.