PDIP targetkan menang di lima Pilkada

id pdip, menang di lima pilkada

PDIP targetkan menang di lima Pilkada

PDI Perjuangan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPP PDI Perjuangan menargetkan bisa memenangkan lima pemilihan kepala daerah dari tujuh pilkada kabupaten di Sumatera Selatan.

Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basara di Palembang, Selasa menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai target partai itu di tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada Desember 2015.

Menurut dia, PDI Perjuangan menargetkan paling tidak bisa menang di lima pilkada dari tujuh kabupaten yang akan menggelar pemilihan kepala daerah di Sumatera Selatan.

Ia mengatakan, sehubungan dengan pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel itu maka DPC dan DPD PDI Perjuangan segera untuk melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah.

"Itu tugas mereka, nanti DPP PDI Perjuangan yang akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan," ujarnya.

Ia menyatakan, sekarang ini pihaknya masih menunggu laporan dari DPC dan DPD nama-nama bakal calon kepala daerah di tujuh kabupaten di Sumsel tersebut.

"Tentu, kita akan melakukan fit and proper test, kemudian penilaian termasuk juga survei terhadap bakal calon kepala daerah itu," tuturnya.

Bagi bakal calon kepala daerah yang berkualitas yang mempunyai kompetensi, berintegritas dan elektabilitas tinggi pasti PDI Perjuangan dukung.

"Untuk bakal calon kepala daerah itu pertama kita prioritaskan kader partai, tetapi apabila di daerah itu tidak ada kader yang dapat kita majukan sebagai calon dengan alasan-alasan tertentu, kita akan membuka bagi kader-kader di luar PDI Perjuangan," tegasnya.

Di Sumsel sendiri ada tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara).