Legislator: bangun jalan khusus batu bara

id batubara, jalan khusus batubara

Legislator: bangun jalan khusus batu bara

Jalan khusus untuk angkutan batu bara (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi IV DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) meminta para pengusaha batu bara di daerah itu membangun jalan khusus angkutan barang tambang tersebut sehingga jalan umum tidak rusak karena dilalui kendaraan berat.

"Kami akan panggil mereka pertengahan bulan ini, kami minta laporan dari mereka, karena sampai sekarang Kepala Dinas Pertambangan belum membuat laporan ke kami terkait jalan khusus batu bara itu," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Edward Jaya di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya minta para pengusaha menggelar rembukan untuk menyelesaikan jalan khusus batu bara itu.

"Kami minta sekitar 260 pemilik izin usaha pertambangan itu rembukan membuat terobosan apa mereka patungan membuat satu jalan khusus atau membantu jalan khusus yang sudah dibuat oleh PT EPI," katanya.

Ia mengatakan, jika mereka bersama-sama membuat jalan khusus angkutan batu bara itu, maka akan segera selesai, tetapi apabila mereka tidak klop maka jalan ke Palembang untuk angkutan batu bara akan ditutup.

"Kemudian IUPnya, kami minta kepada gubernur untuk dicabut bagi yang tidak mau bersama-sama membangun jalan khusus angkutan batu bara itu, karena sudah banyak korban khususnya masyarakat dan mahasiswa," ujarnya.

Ia menyatakan jalan Palembang-Indralaya sekarang ini ditempuh satu sampai dua jam yang seharusnya 30 menit sudah sampai.

"Jadi, kami beri waktu tiga bulan sampai mereka menyelesaikannya," tutur wakil rakyat tersebut.

Ia mengatakan karena saat ini musim hujan dan banjir menjadi kendala alam, pelaksanaan penimbunan mereka stop dulu, sebab yang mau ditimbun banjir, jadi buat talang di kiri kanan tetapi tetap progres dilihat jangan sampai alasan banjir malah mereka menunda pekerjaan.

"Kami beri waktu tiga bulan sampai kami minta laporan mereka soal rencana mereka bersatu membuat jalan khusus untuk angkutan batu bara ini," katanya.