Ribuan warga berdatangan ke Pulau Kemaro

id kemaro, pulau kemaro

Ribuan warga berdatangan ke Pulau Kemaro

Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ribuan orang warga mulai berdatangan ke Pulau Kemaro Palembang menjelang satu hari perayaan cap gomeh yang dipusatkan di pulau di tengah kota tersebut.

Pantauan Antara di Pulau Kemaro Palembang, Senin, diperkirakan lebih dari dua ribu orang warga keturunan Tionghoa mendatangi tempat peribadatan telah berdiri sejak tahun 1957 itu.

Para pengunjung itu adalah masyarakat yang berasal dari dalam maupun luar Kota Palembang bahkan ada dari luar Indonesia seperti Malaysia, Singapura dan Hongkong akan diperkirakan tumpah ruah pada besok malam dan bisa mencapai puluhan ribu pengunjung memenuhi lokasi Klenteng Hok Ceng Bio tersebut.

Berdasarkan pantauan, tak hanya masyarakat Tionghoa yang ada, warga non Tionghoa pun antusias menghadiri perayaan cap gomeh sekedar untuk melihat keindahan serta pesona budaya Pulau Kemaro terlebih muda mudi datang hanya untuk berfoto dan mendatangi pohon cinta menjadi legenda pulau yang dapat ditempuh dengan sampan dari pusat kota sekitar setengah jam itu.

Ketua panitia penyelenggara, Husni Candra mengatakan, malam cap gomeh sebenarnya adalah malam mencari jodoh berdasarkan legenda yang ada di tanah Tiongkok, .bahkan pantia telah mempersiapkan beberapa acara hiburan untuk muda mudi datang seperti wayang orang bercerita tentang perjalanan cinta Siti Fatimah dan saudagar Tiongkok Tan Bun An.

Sementara, dari pemerintah provinsi sendiri mempersiapkan beberapa tongkang yakni sampan besar yang ditarik dengan kapal motor sebagai sarana transportasi menuju Pulau Kemaro besok malam difokuskan di dua titik yaitu pelabuhan PT Pusri dan dermaga Intirub.

Dengan disediakan fasilitas penyeberangan itu, sehingga arus lalu lintas tidak terlalu padat, mengingat jumlah pengunjung akan meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 70 ribu orang di tahun 2014.