Ekstrarobotik kian diminati kalangan pelajar Palembang

id robot, robot mulai digemari pelajar

Ekstrarobotik kian diminati kalangan pelajar Palembang

Pelajar mulai menggemari kegiatan robot (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ekstrarobotik sebuah kegiatan ekstra kurikuler di sekolah belakangan ini mulai diminati, khususnya di kalangan para pelajar di Kota Palembang.

"Ekstrarobotik kini tidak hanya digemari kalangan pelajar tingkat SMU, tetapi juga merambah ke tingkat sekolah dasar sebagai kegiatan tambahan di luar jam belajar di sekolah," kata Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3, Ahmad Zainuri. di Palembang, Kamis.

Bahkan, kata Zainuri, di antara mereka ada yang telah memenangkan kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional mewakili Sumatera Selatan.

Kegiatan ekstrarobotik adalah ilmu mempelajari tentang robot mulai dari pemahaman mengenai pembuatan robot itu sendiri, sehingga mereka dapat mendesain bentuk maupun kegunaannya sesuai imajinasi yang mereka miliki.

Walaupun masih terbilang baru, kegiatan ekstrarobotik ini sangat

disambut antusias di kalangan pelajar di beberapa sekolah, seperti di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang yang pada awal terbentuk ekskul tersebut hanya beranggotakan sekitar 10 siswa, saat ini telah mencapai lebih dari 100 orang terdiri atas siswa kelas 10 hingga 12.

Melalui bimbingan serta pelatihan dilakukan oleh pihak sekolah serta Badan Teknologi Sumatera Selatan, para siswa terlibat dalam kegiatan ektrarobotik tersebut dilatih dalam merakit, serta mengembangkan inovasi robot diciptakan mereka agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Meski mengalami sejumlah kesulitan, para pelajar ini tetap antusias untuk terus memecahkan tantangan dalam menciptakan sebuah robot dengan inovasi serta desain yang ada di dalam imajinasi mereka, bahkan hobi mereka dapat tersalurkan.

Para pelajar MAN 3 Palembang telah mampu menciptakan robot diberi nama Vencendor dengan sebuah inovasi membantu mengumpulkan hasil panen yang membawa mereka meraih juara di tahun 2014, kata Husnul Masyito salah satu pelajar di sekolah tersebut.

Menurut dia, robotic sudah sangat terkenal di antaranya di Jakarta dan Bandung, tapi tidak menyurutkan antusias para siswa di MAN 3 Palembang.

"Para pelajar sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi perlombaan akan diadakan bulan Maret nanti, meskipun kegiatan eskul robotik mereka baru terbentuk yang diberi nama Roboman One Area," kata Zainuri menambahkan.