Disporabudpar: anggaran Paskibraka OKU Rp800 juta

id paskibraka, anggaran paskibraka

Disporabudpar: anggaran Paskibraka OKU Rp800 juta

Pasukan pengibar bendera pusaka (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Alokasi anggaran untuk calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka pada HUT RI 17 Agustus 2015 Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan sebesar Rp800 juta.

Anggaran tersebut dinilai kurang dan sangat minim untuk menyeleksian, pelatihan hingga pelaksanaan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) mendatang, kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Kepala Bidang Pemuda, Iwan Setiawan, di Baturaja, Rabu.

"Pelaksanaan Paskibraka kita paling lama, karena penyeleksian dimulai bulan April hingga Agustus,"katanya.

Dijelaskannya, alokasi anggaran pada APBD OKU untuk kegiatan itu diperuntukkan mulai dari tahap seleksi anggota, latihan, karantina, pengibaran dan penurunan serta keperluan lainnya, termasuk untuk pemberian uang pembinaan para paskibraka.

Jika bandingkan dengan alokasi anggaran Paskibraka seperti kabupaten tetangga yakni OKU Timur, maka dana itu dinilai sangat kecil.

Anggaran Paskibraka OKU Timur untuk Paskibraka mencapai Rp1,3 miliar, katanya.

"Untuk di seputar Sumsel memang anggaran untuk Paskibraka kita masih jauh dari plafon," ungkap Iwan.

Mengenai, pemberian reward untuk berdarmawisata keluar negeri setelah selesai melaksanakan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pada HUT-RI 17 Agustus nanti, setiap tahun selalu diusulkan pada DPRD OKU.

"Program tersebut setiap tahun kita bicarakan dengan dewan saat rapat anggaran di Komisi III, termasuk keinginan untuk menaikkan nilai reward uang sekolah bagi anggota Paskibraka, tapi anggaran belum memungkinkan," jelas Iwan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, diwacanakan tahun ini anggota Paskibraka OKU akan diberi hadiah jalan-jalan ke luar provinsi saja.

"Untuk reward wawasan kebangsaan, tahun ini rencananya akan ke Bandung dan Malang. Di Bandung salah satunya akan mengunjungi Pantai Pangandaran, di Malang ke Bromo," katanya.

Selain jalan-jalan kata Iwan, anggota Paskibraka ini juga akan mendapat bonus uang sekolah sebesar Rp100 ribu setiap bulan selama 1,5 tahun untuk 36 orang pelajar.

Menurut dia, nominalnya tidak beda, walaupun nanti ada yang lulus ke provinsi, maupun lulus ikut bergabung bersama tim Paskibraka tingkat nasional mewakili OKU.

"Sejak tahun 2011 sampai sekarang, bonus uang sekolah ini juga belum pernah mengalami kenaikan," katanya