Pangdam : pembangunan irigasi tingkatkan produksi pangan

id pangdam, pangdam sriwijaya

Pangdam : pembangunan irigasi tingkatkan produksi pangan

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar Sahil (Foto Antarasumsel.com/15/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil mengatakan pembangunan irigasi merupakan upaya untuk meningkatkan produksi pangan.

Irigasi merupakan sistem pengaturan air yang penting untuk mengaliri persawahan, kata Pangdam dalam sambutannya pada peletakan batu pertama pembangunan irigasi di Desa Lubuk Seberuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Jumat.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya saluran irigasi maka sawah juga diharapkan dapat berproduksi lebih banyak.

Jadi peletakan batu pertama pembangunan irigasi atau "Ferro Cement" ini bertujuan untuk peningkatan dan pengembangan jaringan irigasi guna meningkatkan produksi pangan.

Oleh karena itu dengan cara membangun dan perbaikan irigasi untuk pengairan sawah tersebut demi mensukseskan program swasembada pangan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Ketahanan pangan sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo supaya setiap daerah untuk meningkatkan ketersedian pangan guna mewujudkan swasembada pangan nasional.

Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan swasembada pangan nasional harus berhasil memenuhi kebutuhan pangan nasional, sehingga Indonesia tidak tergantung impor dari negara luar.

Pangdam juga mengajak semua pihak agar mendukung program ketahanan pangan dengan cara bekerja sama dan bersinergi.

Bila semua itu dilakukan secara tulus dan sungguh-sungguh, maka target mewujudkan ketahanan pangan khususnya beras akan tercapai, ujar dia.

Terwujudnya ketahanan pangan akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani dan mencegah terjadinya kelangkaan pangan, tambah Pangdam.

Dalam kesempatan itu Pangdam dan rombongan juga meninjau kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan Kodim 0402/Ogan Komering Ilir dan Dinas Kesehatan setempat seperti pengobatan masal, khitanan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Acara itu juga dihadiri Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar, S.E. beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Danrem 044/Gapo, dan Kepala Dinas Pertanian kabupaten setempat.