DPR-RI minta biaya haji 2015 turun

id haji, bpih supaya turun

DPR-RI minta biaya haji 2015 turun

Kabah Mekah (FOTO ANTARA/AFP/ FAYEZ NURELDINE )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi VIII DPR RI Mohammad Iqbal Romzi meminta supaya biaya perjalanan ibadah haji pada tahun 2015 turun dari tahun sebelumnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Mohammad Iqbal Romzi menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pelaksanaan ibadah haji pada 2015 di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk pelaksanaan ibadah haji sekarang ini telah terbentuknya Panitia Kerja Badan Pelaksana Ibadah Haji (Panja BPIH) dan Menteri Agama sudah mengajukan usulan-usulan.

Ia mengatakan, sekarang ini untuk pelaksanaan ibadah haji itu sedang dibahas dan pihaknya juga meminta masukan dari sejumlah instansi terkait termasuk dari penyelenggara dan travel-travel.

"Akan tetapi, Komisi VIII DPR RI meminta agar bagaimana caranya terjadi efisiensi dari berbagai sisi sehingga biaya perjalanan ibadah haji kalau bisa kita minta turun, dan itu sudah komitmen Komisi VIII," katanya.

Ia menyatakan, itu kesimpulannya Komisi VIII DPR RI meminta kepada pemerintah agar biaya perjalanan ibadah haji supaya diturunkan dari tahun sebelumnya.

Adapun dasar penurunan biaya perjalanan ibadah haji itu, karena sekarang ini harga avtur turun dan minyak dunia juga turun, tutur politisi PKS yang berasal dari Sumatera Selatan tersebut.

"Kita lihat efisiensinya, rencana penerbangan embarkasi langsung ke Madinah, kemudian ada yang langsung ke Jeddah, ini juga mengurangi pemondokan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, di sisi lain mengefektifkan ada yang sudah lima tahun, enam tahun ini diinvestasikan, jadi ada margin keuntungan.

"Ke depan, kita berharap, suatu saat tidak lagi nambah biaya perjalanan haji tersebut, karena tabungan ada marginnya, paling kalaupun menambah hanya sedikit," katanya.