Pemkab Muratara prioritaskan peningkatan jalan

id jalan, peningkatan jalan

Pemkab Muratara prioritaskan peningkatan jalan

Peningkatan jalan (Foto Antarasumsel.com/15/E Permana)

Muisrawas Utara (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara Sumatera Selatan, akan memprioritaskan peningkatan jalan ke daerah terpencil khususnya di wilayah Kecamatan Ulu Rawas.

"Jalan kabupaten antara Kecamatan Rawas Ulu dan Ulu Rawasan panjangnya sekitar 35 kilomter saat ini kondisinya rusak berat, sehingga masyarakat sulit memasarkan hasil buminya," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) Ismail, Jumat.

Ia mengatakan peningkatan jalan ke wilayah itu sebelumnya akan dianggarkan pada 2014, namun dananya belum mencukupi dan kembali dianggarkan pada 2015.

"Kami mendapat keluhan warga dari puluhan desa di wilayah itu bahwa mereka kesulitan untuk mengeluarkan hasil buminya akibat jalan rusak berat," ujarnya.

Keluhan itu langsung ditujukan pada penjabat Bupati Muratara Agus Yudiantoro dan beliau sudah mengkoordinasikan dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya Dinas Pekerjaan Umum.

Ia mengimbau kepada warga daerah itu agar bersabar karena membangun jalan itu melalui proses agar tidak bersentuhan dengan hukum.

Apa lagi jalan rusak itu tidak hanya terdapat di wilayah Kecamatan Ulu Rawas saja, tapi menyebar ke setiap kecamatan yang jauh dengan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) setempat, ujarnya.

Camat Rawas Ulu Burlian membenarkan bahwa jalan milik kabupaten menuju Kecamatan Ulu Rawas saat ini sangat memprihatinkan akibat rusak berat.

Sebelum jalan ke wilayah itu sudah beraspal, namun akibat banyak kendaraan truk mengangkut kayu balok dari Ulu Rawas ke Jalan lintas, maka badan berlobang hal itu diperparah saat musim penghujan.

Perbaikan jalan ke wilayah itu mestinya menjadi prioritas bagi pemerintah daerah karena berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, disamping sumber daya alamnya cukup besar, ujarnya.