Pemkab Mura tertibkan pegawai sering bolos

id musirawas, pemkab musirawas

Pemkab Mura tertibkan pegawai sering bolos

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pememrintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan menertibkan pegawai di setiap satuan kerja perangkat daerah karena diduga sering bolos kerja pada akhir pekan.

"Kami mendapat laporan dari masyarakat bahwa pelayanan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu setiap akhir pekan tidak ada petugasnya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Musirawas Isbandi Arsyad, Selasa.

Hal itu akan dibuktikan dengan mengevaluasi kehadiran para pegawai negeri sipil dan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) secara rutin setiap hari Jumat.

"Dalam waktu dekat saya akan memanggil Inspektorat agar rutin melakukan Sidak ke setiap SKPD, bila ditemukan pegawai bolos tanpa alasan akan ditindak," katanya.

Mengenai sanksi terhadap pegawai, Inspektorat akan memerintahkan Asisten IV untuk mengecek kelapangan secara langsung.

Bilamana hasil di lapangan pegawai Inspektorat melakukan hal yang sama akan diberikan sanksi tegas dengan memberikan surat peringatan.

"Saya akan memerintahkan Asisten IV ke lapangan untuk mengecek ke Inspektorat, jangan sampai sebagai pengawas internal terhadap pegawai ikut malas," katanya.

Seorang aktivis Musirawas Irkan menilai sejumlah oknum pejabat dan PNS di SKPD Kabupaten Musirawas sebagian besar melanggar disiplin kerja dengan bolos setiap hari Jumat.

Berdasarkan hasil mengamatan dilapangan sejak beberapa minggu terakhir, sejumlah oknum pejabat dan PNS di setiap SKPD langsung pulang ke rumah setelah sholat jumat.

Lebih para lagi, kata dia, kelakuan oknum pejabat tersebut diikuti beberapa staf khususnya kantor SKPD hingga kantor Inspektorat.

Padahal insepektorat seharusnya melakukan pengawasan disiplin bagi pegawai setempat dan jangan ikut-ikutan bolos pada jam kerja, tuturnya.