Mahasiswa pertanyakan komitmen pemerintah wujudkan "Palembang Emas"

id harnojoyo, mahasiswa

Mahasiswa pertanyakan komitmen pemerintah wujudkan "Palembang Emas"

Harnojoyo (Antarasumsel.com/Nila Fuadi/14)

...Palembang Darussalam sudah dikenal sebagai kota yang menjunjung tinggi moral-moral keislaman tapi mengapa pemerintah kota malah melonggarkan aktivitas hiburan malam yang merusak mental warga...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah organisasi mahasiswa dan kepemudaan di Kota Palembang, Sumatera Selatan mempertanyakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan "Palembang Emas" setelah mendapati kenyataan mulai maraknya tempat hiburan dalam setahun terakhir. 
    
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Chairil Anwar Simatupang dalam dialog interaktif bersama Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan sangat khawatir dengan kondisi tersebut karena telah mengaburkan citra Palembang yang dikenal dengan sebutan "Palembang Darussalam".   
    
"Palembang Darussalam sudah dikenal sebagai kota yang menjunjung tinggi moral-moral keislaman tapi mengapa pemerintah kota malah melonggarkan aktivitas hiburan malam yang merusak mental warga," kata dia.
    
Ia mengamati, pemerintah kota terbilang tidak menindak tegas terhadap tempat hiburan yang telah terbukti melanggar aturan, seperti mengizinkan remaja untuk mengaksesnya.
    
"Jika pemerintah tidak berani menutup tempat hiburan malam, setidaknya dibatasi jamnya karena tidak hanya pria dewasa yang datang ke sana, tapi remaja sudah mulai terjerat," kata dia.
    
Terkait dengan pertanyaan organisasi mahasiswa tersebut, Plt Wali Kota Harnojoyo berjanji akan menertibkan tempat hiburan di Kota Palembang sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).
    
"Petugas akan diturunkan karena Perda sudah jelas mengatur bahwa pelajar dilarang ke tempat hiburan," kata dia.
    
Terkait dengan komitmen pemerintah dalam mewujudkan visi Palembang Emas 2013-2018, menurutnya semangat itu tetap dijaga dengan secara terus menerus mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan norma serta etika. 
    
"Pemerintah berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan, serta evaluasi. Semua kegiatan yang dilakukan pemerintah kota akan mengarah ke visi Palembang Emas," ujar dia.
    
Konsep Palembang Emas ditawarkan pasangan Romi Herton dan Harnojoyo dalam pilkada Kota Palembang 2013 yang ingin menjadikan Kota Palembang yang Elok, Madani, Aman dan Sejahtera.