Masjid DPRD Sumsel diresmikan

id masjdi, masjid dprd sumsel

Masjid DPRD Sumsel diresmikan

Gubernur Alex Noerdin resmikan masjid DPRD Sumsel (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15/Adv)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan Masjid Al-Raiyah yang berada di halaman kantor DPRD provinsi setempat di Palembang, Jumat.

Ketua DPRD Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas pada peresmian masjid itu mengatakan, kalau pembangunan masjid tersebut atas prakarsa pimpinan dan anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014 di atas lahan lingkungan DPRD provinsi.

Menurut dia, masjid itu dibangun bertujuan untuk tempat ibadah di samping anggota dewan, pegawai sekretariat DPRD Sumsel juga warga di sekitar masjid secara umum untuk masyarakat Sumatera Selatan.

Pelaksanaan pembangunan masjid itu dengan realisasi dana sebesar Rp7 miliar yang dilaksanakan dengan dua tahap yakni tahun anggaran 2013 dan tahun 2014.

Ia juga menyampaikan, terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumsel yang telah berpartisipasi dalam pembangunan masjid itu.

Masjid Al-Raiyah ini mempunyai fungsi yang sama dengan masjid lainnya sebagai pusat kegiatan bernuansa keagamaan, shalat, zikir, ceramah dan kegiatan membaca Al-Quran serta pusat peribadatan umat dapat menciptakan dan membawa kebaikan bagi semua.

Adapun kapasitas masjid tersebut sekitar 400 orang dan lapangan parkirnya juga cukup luas, katanya.

Sementara Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyatakan, kalau masjid ini terbuka untuk masyarakat umum, karena itu kebersihannya nomor satu.

Menurutnya, karena masjid itu terbuka untuk umum maka tempat wudhu dan kamar kecil (toilet) harus diperhatikan.

Jadi, harus dijaga kebersihannya dan diharapkan masjid itu selalu penuh oleh para jamaah, katanya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumsel H Hambali menambahkan, kalau di Sumsel terdapat 6.000 unit lebih masjid yang tersebar di kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Penandatanganan peresmian masjid tersebut dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan juga Ketua DPRD Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas serta ikut pula menandatangani Wakil Ketua DPRD Sumsel, Chairul S Matdiah dan Nopran Marjani serta Sekwan DPRD Sumsel, Ramadhan S Baseban.

Hadir pula pada peresmian itu sejumlah anggota DPRD Sumsel dan pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Sumsel.

Setelah peresmian masjid itu dilanjutkan shalat Jumat bersama.(Adv)