Tiga kecamatan di Lahat prioritas kedaulatan pangan

id tiga kecamatan, prioritas kedaulatan pangan

Tiga kecamatan di Lahat prioritas kedaulatan pangan

Dandim 0405 Lahat Letkol Tri Haksoro (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Lahat akan menjadi prioritas yang sedang digarap oleh Kodim 0405 setempat dalam upaya peningkatan kedaulatan pangan di Sumatera Selatan.

"Tiga kecamatan menjadi prioritas kedaulatan pangan tersebut, karena merupakan salah satu program unggulan pemerintah Jokowi-Jk untuk meningkatkan swasembada nasional tiga tahun ke depan, kata Bupati Lahat Syaifudin Aswari Rivai di sela acara menembak dihadiri seluruh bupati di Sumsel di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, Senin.

Dijelaskannya, tiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Jarai, Merapi dan Kecamatan Kikim dengan perkiraan kurang lebih ada 1.000 hektare Kedelai dan 2.000 hektare areal persawahan.

Bupati Syaifudin mengatakan, pemerintah akan mendukung penuh upaya yang sedang dilakukan Kodim 0405 setempat dalam upaya meningkatkan kedaulatan pangan di Lahat, apalagi hasilnya nanti akan langsung dirasakan masyarakat sehingga para petani dapat menjadi lebih sejahtera dan makmur.

Dijelaskannya, pada Januari tadi pihak Kodim 0405 telah menyelesaikan penanaman bibit seluas 200 Hektare di Desa Pelajaran Kecamatan Jarai dengan sistem tanam Jajar Legowo cara seri tiga jalur satu kosong, yakni satu butirnya bisa menghasilkan 40 hingga 50 batang padi dan kedelai.

Pola tanam tersebut sedang diperkenalkan oleh Kodim 0405 Lahat saat ini tidak hanya membantu para petani dalam meningkatkan hasil panen, tetapi para TNI tersebut juga membina agar lebih produktif dengan memberikan arahan mulai dari menebar bibit hingga menanam dengan cara lebih effektif dan efisien seperti disampaikan Dandim 0405 Lahat Letkol Tri Haksoro.

Selain itu juga pihak Kodim 0405 akan mengawal semua pendistribusian pupuk yang ada di Kabupaten Lahat, mulai ke agen hingga ke petani yang ada sehingga penyaluran merata di seluruh kawasan kabupaten Lahat.

Sedangkan distributor yang ada saat ini baru berjumlah dua, yakni di Lahat dan Empat Lawang.

Diperkirakan memasuki bulan ke-3 para petani sudah bisa melakukan panen pertamanya, dan akan melakukan penanaman kembali di bulan ke-5 sebagai upaya dua kali panen setahun dengan harapan dapat meningkatkan produksi sekitar 0,3 persen dari sebelumnya.

Selain meningkatkan hasil produksi guna mendukung kedaulatan pangan, para petani di Kabupaten Lahat diharapkan dapat merasakan langsung hasil yang telah mereka kerjakan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian petani, kata Tri Haksoro.