Warga Baturaja resah banyak orang gila berkeliaran

id orang gila, warga baturaja resah orang gila berkeliaran

Warga Baturaja resah banyak orang gila berkeliaran

Orang gila banyak berkeliaran di Kota Baturaja (FOTO Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebagian warga Kota Baturaja ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menyatakan resah, karena sejak beberapa bulan terakhir di kota tersebut mulai banyak berkeliaran orang gila walaupun keberadaannya tidak mengganggu.

Selain orang gila, di kota tersebut juga banyak berkeliaran anak jalanan yang melakukan kegiatan mengamen di atas bus kota, termasuk gelandangan dan pengemis, kata Hermansyah (42) warga di Baturaja, Minggu.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU) H Najamudin saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya memang belum melakukan upaya penertiban ataupun razia terhadap keberadaan orang gila, anak jalanan, gelandangan dan pengemis.

Menurut Najamudin, pihaknya masih terkendala akan dana guna melaksanakan penertiban dan razia.

Namun demikian, kata dia, pihaknya tetap berupaya melakukan pengawasan atau pengontrolan terhadap keberadaan orang gila, gelandangan dan pengemis termasuk anak jalanan.

Menurut dia, nantinya untuk orang gila yang terjaring razia, akan dimasukan ke rehabilitasi di Palembang. Sementara rumah sakit jiwa bisa menerima orang gila tersebut, jika ada asal usul dan ahli warisnya, sebab kalau tidak ada maka akan menjadi tanggung-jawab Dinas Sosial," katanya.

Demikian juga dengan anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang terjaring dalam penertiban akan dikembalikan ke tempat asalnya, supaya mereka tidak lagi berkeliaran di Kota Baturaja.

Ia menambahkan, meski masih terkendala dana agar keberadaan para orang gila, anak jalanan, gelandangan dan pengemis tersebut tidak semakin meresahkan masyarakat, sesuai rencana akan dilakukan gelar penertiban setiapa tiga bulan sekali dimulai Maret mendatang.