Pelindo Palembang kenalkan dunia maritim kepada pelajar

id pelindo, dunia maritim, kemaritiman, kenalkan dunia kemaritiman kepada pelajar

Pelindo Palembang kenalkan dunia maritim kepada pelajar

Ilustrasi - General Manager PT Pelindo II Cabang Palembang Gunta Prabawa (tiga dari kiri) memberikan spirit kepada karyawannya. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Untuk mengenalkan dunia kemaritiman perlu dilakukan dengan cara mengajak pelajar sekolah dasar (SD) melihat aktivitas di pelabuhan dan wisata air...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan, mengenalkan dunia maritim kepada pelajar di kota setempat untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap potensi negara yang belum digarap secara maksimal itu.

"Untuk mengenalkan dunia kemaritiman perlu dilakukan dengan cara mengajak pelajar sekolah dasar (SD) melihat aktivitas di pelabuhan dan wisata air," kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang, Gunta Prabawa, di Palembang, Jumat.

Seusai menerima kunjungan 200 pelajar SD dari sejumlah sekolah di Kota Palembang, Gunta menjelaskan sengaja mengundang pelajar tersebut ke Pelabuhan Boom Baru untuk mengenalkan pelayanan jasa kepelabuhan, kapal yang melakukan bongkar muat, dan potensi wisata air di Sungai Musi.

Dengan melihat langsung aktivitas di pelabuhan dan melakukan wisata air, diharapkan bisa menanamkan kecintaan anak-anak terhadap dunia maritim dan tertarik mendalami ilmu yang terkait dengan laut.

Selain itu diharapkan pula, pengalaman dari kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi para pelajar menjaga kelestarian laut dan memanfaatkan potensi kemaritiman untuk memajukan dan menyejahterakan bangsa dan negara ini, katanya.

Menurut dia, saat ini pemerintah sedang giat-giatnya menggarap potensi kemaritiman dengan mengembangkan infrastruktur pelabuhan, tol laut, dan menyelamatkan hasil laut yang selama ini sering dicuri nelayan dari negara tetangga.

Untuk mendukung program pemanfaatan potensi kemaritiman itu, kegiatan yang dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap dunia maritim akan terus digalakkan, kata Gunta.