Legislator imbau warga jangan konsumsi apel AS

id apel, apel as

Legislator imbau warga jangan konsumsi apel AS

Buah Apel dan Buah Anggur (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPRD Sumatera Selatan mengimbau masyarakat untuk sementara ini jangan mengkonsumsi dulu apel jenis Granny Smith dan Gala yang dipasok dari California, Amerika Serikat supaya aman.

Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai apel jenis Granny Smith dan Gala dipasok dari California, Amerika Serikat (AS) yang diduga mengandung bakteri berbahaya bagi manusia di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk amannya sebaiknya jangan dikonsumsi dulu apel yang didatangkan dari California, Amerika Serikat itu.

Ia mengatakan, untuk mengecek apel itu merupakan kewenangan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kabupaten/kota dan sebaiknya dicek satu persatu.

Jadi, perlu pengawasan oleh BPOM terkait dengan apel ini dan sebaiknya dilakukan tes secara acak di pedagang, kalau memang sudah mayoritas maka ditarik dari peredaran demi keselamatan dan keamanan konsumen, katanya.

Sementara Anggota DPRD Sumsel, Usman Effendi menyatakan, sebaiknya masyarakat menghindari dahulu apel dari AS itu sampai Departemen Perdagangan menyatakan bebas dan aman untuk dikonsumsi.

"Imbauan kita kepada pihak terkait untuk menariknya dan bagi pedagang untuk berhati-hati menjual apel tersebut kepada masyarakat, karena dampaknya itu," ujar wakil rakyat tersebut.

Sementara mengenai jika ada pedagang masih menjual apel itu, ia menuturkan, kalau memang ada distributornya maka sebaiknya dikembalikan ke distributornya buah apel tersebut