BPBD: delapan daerah di Sumsel rawan longsor

id yulizar dinoto, ka bpbd sumsel

BPBD: delapan daerah di Sumsel rawan longsor

Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak delapan daerah di Sumatera Selatan rawan longsor, karena wilayahnya terdiri dataran tinggi sehingga saat musim penghujan dengan kafasitas tinggi bisa saja terjadi bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan Yulizar Dinoto di Palembang, Jumat mengatakan, memang wilayah Sumsel ada beberapa daerah dataran tinggi sehingga rawan longsor.

Berdasarkan data ada delapan daerah wilayahnya terdiri dataran tinggi, sehingga itu bisa dikategorikan rawan longsor, ujar dia.

Daerah rawan longsor itu di antaranya Kabupaten Lahat, Pagaralam, Lintang Empatlawang, Lubuklinggau, Ogan Komering Ulu Selatan, katanya.

Sehubungan dengan itu, diminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berhati-hati saat musim penghujan sekarang ini.

Hal ini karena pada Januari saja ada daerah yang terkena longsor akibat musim penghujan, seperti Kabupaten Musibanyusin yang mengakibatkan dua kepala keluarga korban tertimbun tanah.

Begitu juga kejadian longsor di Dempo Selatan Pagaralam yang mengakibatkan 50 hektare sawah tertimbun, kata dia.

Jadi saat musim penghujan sekarang ini semuanya harus waspada terutama pengemudi kendaraan, karena dikhawatirkan perjalanan akan terganggu.

Selain itu, kata dia, selama musim penghujan sekarang ini juga rawan bencana banjir, terutama di daerah dataran rendah dan pemukiman di bantarn sunggai.

Memang, pihaknya telah menurunkan tim untuk membantu menanggulangi bencana alam tanah longsor, termasuk banjir.

Bahkan, pihaknya telah memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah tanah longsor, katanya.