Warga Palembang minati arisan investasi logam mulia

id investasi logam mulia, arisan, dengan sistem arisan, investasi, logam mulia, lm, emas murni, pegadaian

Warga Palembang minati arisan investasi logam mulia

Contoh logam mulia. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Investasi logam mulia dengan cara arisan cukup diminati, terbukti hingga kini di Palembang tercatat 1.600 kelompok arisan yang mengikuti progam arisan itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan cukup meminati arisan investasi emas murni atau logam mulia yang diluncurkan PT Pegadaian di wilayah tersebut pada pertengahan tahun lalu.

"Investasi logam mulia dengan cara arisan cukup diminati, terbukti hingga kini di Palembang tercatat 1.600 kelompok arisan yang mengikuti progam arisan itu," kata Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Sumbagsel M Charist Chamid di Palembang, Rabu.

Menurut dia, investasi logam mulia dengan sistem arisan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemasaran logam mulia yang selama ini hanya bisa diperoleh dengan cara beli tunai atau dengan pembayaran menyicil per bulan.

Dengan arisan logam mulia tersebut, pihaknya berupaya mengajak masyarakat di Palembang dan beberapa daerah lainnya di wilayah kerja Sumbagsel, meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, untuk memiliki logam mulia dengan cara yang lebih mudah.

Untuk mengikuti arisan logam mulia, masyarakat dapat membuat kelompok minimal anggotanya berjumlah enam orang, setelah terbetuk kelompok mengajukan permohonan kepada unit layanan atau gerai PT Pegadaian terdekat atau yang ada di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Khusus masyarakat di Kota Palembang, bisa mengunjungi 60 unit layanan atau gerai yang tersebar di 16 kecamatan, sedangkan masyarakat di daerah lainnya bisa mengunjungi 265 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Sumbagsel, katanya.

Dia menjelaskan, masyarakat yang mengajukan permohonan untuk mengikuti arisan investasi logam mulia dan dinyatakan memenuhi persyaratan yang ditentukan, langsung diproses logam mulia yang ukuran dan beratnya sesuai dengan kesepakatan kelompok dengan harga tetap yang berlaku saat kontrak perjanjian ditandatangani peserta arisan.

Dengan diberlakukannya tarif flat itu, katanya, meskipun dalam kontrak perjanjiannya untuk masa enam bulan bahkan 12 bulan ke depan terjadi kenaikan harga logam mulia, peserta arisan tidak perlu khawatir dengan kenaikan itu karena harga dipatok sesuai dengan harga pasaran saat program disepakati dimulai oleh kelompok arisan.

Peserta arisan tetap mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya, sepanjang masa arisan yang disepakat, sehingga jika terjadinya kenaikan harga logam mulia di pasaran, peserta arisan bahkan bisa mendapat keuntungan dari selisih kenaikan harga itu, ujar Charist.