DPRD tindaklanjuti pengaduan sengketa lahan

id lahan, dprd sumsel

DPRD tindaklanjuti pengaduan sengketa lahan

sengketa lahan (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi II DPRD Sumatera Selatan akan turun ke lapangan guna menindaklanjuti pengaduan masyarakat, terkait dengan sengketa lahan dengan pihak perusahaan di Kabupaten Banyuasin.

"Tadi ada pengaduan masyarakat kaitannya dengan sengketa lahan dengan PT Ciptamas Bumi Subur (CBS)," kata Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan, Joncik Muhammad di Palembang, Rabu.

Menurut dia, lahan yang sudah digarap itu seluas 7.550 hektare dan ada pengaduan masyarakat dari Desa Giliran 2.300 hektare.

Pada rapat di Komisi II DPRD Sumsel tadi belum memutuskan, karena itu mereka akan turun ke lapangan untuk melihatnya, katanya.

Ia mengatakan, tadinya izinya bakau, tetapi ada perubahan sekarang izinnya direvisi tahun 2014 dirobah menjadi HTI karet.

"Karena itu nanti bersama-sama Dinas Kehutanan Kabupaten, Dinas Kehutanan Sumsel bersama dengan Badan Pertanahan, masyarakat dan Komisi II akan ke lapangan," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Sumsel, Sigit Wibowo menyatakan, tadi ada rapat penyelesaian konflik lahan di PT Ciptamas Bumi Subur di daerah Banyuasin.

"Lahannya tidak begitu luas, tetapi persoalannya harus kita sikapi bagaimana bisa diselesaikan," ujarnya.

Sehubungan dengan adanya pengaduan itu pihaknya akan melihat dulu persoalannya di lapangan dengan turun bersama untuk melihat secara jernih permasalahan ini, baru diputuskan solusinya, katanya.