Pangdam: prajurit tanpa diminta harus tanggulangi bencana

id pangdam, pangdam sriwijaya

Pangdam: prajurit tanpa diminta harus tanggulangi bencana

Pangdam II/Sriwijaya (Foto: antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil menyatakan prajurit dalam jajarannya tanpa diminta harus mengatasi dan menanggulangi bila terjadi bencana alam.

Pangdam dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Teritorial Kasdam Kolonel Inf Syaiful Anwar saat upacara mingguan di Palembang, Senin, menjelaskan dalam kondisi cuaca yang tidak menentu dan curah hujan  tinggi di wilayah Sumatera Bagian Selatan maka prajurit harus selalu siaga bencana.

"Jadi tanpa diminta bila terjadi bencana, maka prajurit dan satuan jajaran Kodam II harus segera melakukan aksi untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana, katanya.

Menurut dia, prajurit atau satuan tidak perlu menunggu perintah atau komando. Segera saja lakukan aksi dan tindakan penanganan dengan

menyiapkan personel dan sarana prasarana yang dibutuhkan seperti mendirikan Posko penanganan bencana alam.

Selain itu mendirikan dapur lapangan, pokso kesehatan dan sebagainya selanjutnya melaporkan ke komando atas terhadap langkah-langkah yang dilakukan dalam penanganan awal itu.

Semuana itu perlu dilakukan untuk penanggulangan secepat mungkin, namun yang lebih penting lagi perlu antisipasi sejak dini agar daerah ini tidak terjadi bencana, tambah dia.