Kota Palembang waspada DBD

id dbd, pemerintah kota palembang, penyakit

Kota Palembang waspada DBD

Pasien Deman Berdarah Dengue (DBD) (FOTO ANTARA)

...Surat edaran sudah dikirimkan ke seluruh puskesmas agar menerapkan deteksi dini terhadap penyakit DBD, terutama kepada pasien yang datang dengan suhu tubuh yang tinggi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang mengeluarkan peringatan waspada terhadap penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) kepada seluruh rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).
    
Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palembang Afrimelda di Palembang, Senin, mengatakan, jumlah penderita DBD sudah tergolong tinggi karena mencapai 24 orang dari lima orang yang terdata beberapa pekan lalu.
    
"Surat edaran sudah dikirimkan ke seluruh puskesmas agar menerapkan deteksi dini terhadap penyakit DBD, terutama kepada pasien yang datang dengan suhu tubuh yang tinggi," kata dia.
    
Ia mengemukakan, pasien yang mendatangi pusat kesehatan dengan suhu tubuh diatas normal atau sekitar 38 derajat patut dicurigai mengidap DBD, apalagi yang tidak didahului gejala batuk dan flu.
    
"Bisa jadi pasien tersebut terkena DBD dan harus diberikan penanganan khusus," kata dia.
    
Ia menjelaskan, penyakit DBD ditandai dengan suhu tubuh yang bergerak naik secara tiba-tiba. Jika pun membaik, suhu tubuh penderita tidak akan turun secara signifikan.
    
"Massa inkubasi virus DBD memang sekitar 2-3 hari, tapi patut diwaspadai karena ada juga pasien yang dalam satu hari sudah memasuki massa kritis," ujar dia.
    
DBD merupakan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Menurut Afrimelda, kasus DBD biasanya mengalami kenaikan pada Desember hingga Maret seiring dengan periode musim hujan.