Perluasan bandara Silampari butuh Rp50 miliar

id silampari, bandara silampari

Perluasan bandara Silampari butuh Rp50 miliar

Bandara Silampari Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Perluasan Bandara Silampari Kota Lubuklinggau/Musirawas Sumatera Selatan, membutuhkan dana sekitar Rp50 miliar, baik dari APBD maupun APBN 2015.

Peningkatan pembangunan Bandara Silampari itu salah satu kegiatan persiapan transportasi menuju "Visit Lubuklinggau 2015", kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Kamis.

"Kami sudah kerja sama dengan Pemkab Musirawas memperluas Bandara Silampari tersebut hingga bisa dilayani maskapai berbadan lebar seperti Garuda dan Lion Air," katanya.

Berdasarkan kesepakatan bersama itu, mulai awal 2015 tengah diusahakan untuk memasukan maskapai PT Garuda Indoesia dan Lion Air secara rutin ke wilayah itu.

Selain itu, sudah mempersiapkan sarana angkutan darat lainnya untuk melayani ribuan tamu dari berbagai provinsi di Tanah Air dan beberapa negara tetangga untuk menghadiri Visit Linggau pada pertengahan 2015.

Selain itu, seluruh perhotelan juga sudah disiapkan bahkan ada beberapa hotel berbintang saat ini tahap penyelesaian pembangunannya.

Selanjutnya, sudah mempersiapkan angkutan darat melalui armada kereta api yang pada pelaksanaannya nanti akan ditambah beberapa gerbong ekskutif yang baru, untuk memenuhi angkutn pengunjung.

Meskipun saat ini transportasi udara Lubuklingga-Kota Palembang sedang terhenti, tidak mempengaruhi angkutan pengujung dari ibu kota provinsi ke Lubuklinggau.

"Kami siapkan segala sesuatunya, mulai dari sarana, prasarana, hingga transportasi, untuk menyambut beberapa kegiatan besar khususnya Visit Linggau 2015," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Musirawas Ari Narsa mengatakan areal bandara Silampari saat ini sudah disterilkan dari gangguan lintasan warga maupun hewan.

Jalan umum yang melintas landasan bandara tersebut sejak awal Januari 2015 sudah dialihkan dengan menggunakan jalan lingkar yang dibangun Pemda Kota Lubuklinggau.

"Kami akan bersama-sama membenahi kekurangan di bandara tersebut sampai semantap mungkin, sehingga tamu undangan Visit Linggau 2015 dapat dilayani dengan baik," ujarnya.