Pemkot Lubuklinggau perkuat institusi

id pemkot, pemkot lubuklinggau

Pemkot Lubuklinggau perkuat institusi

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan memperkuat jajaran pemerintahan  dengan meningkatkan status kepangkatan dan jabatan pimpinan tiga satuan kerja perangkat daerah dari eselon tiga menjadi eselon dua.

Ketiga Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) itu adalah Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (KPADD), Kantor Pelayanan dan Perizinan (KPP) dan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP), kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Jumat.

Selama ini pejabat pimpinan ketiga SKPD itu berstatus eselon tiga dan sudah ditingkatkan menjadi eselon dua pada reposisi jabatan di lingkungan pemda setempat beberapa hari lalu.

"Saya mengharapkan dengan ditingkatkannya status tiga SKPD itu, bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan menambah pendapatan asli daerah (PAD)," ujarnya.

Sebelumnya sudah ada pemecahan status Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) menjadi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA), dengan tujuan bisa meningkatkan PAD Kota Lubuklinggau.

Penambahan SKPD eselon dua itu diharapkan kinerja aparatur negara lebih meningkat seiring pengembangan wilayah kota menjadi daerah transit dan perdagangan karena berada di jalan lintas tengah Sumatera, ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau H Parigan mengatakan peningkatan status SKPD itu sudah direncanakan dan dibahas bersama sebelum memasuki tahun 2015.

Wali Kota menargetkan para pejabat yang akan menduduki posisi SKPD 2015 betul-betul profesional di bidangnya, agar instansi itu bisa berjalan dengan baik bersama program-programnya yang pro rakyat.

"Mudah-mudahan kinerja aparatur dan PAD kita ke depan makin meningkat untuk memajukan Kota Lubuklinggau sejajar dengan kota-kota lain yang lebih dulu maju di Sumatera Selatan bahkan di Sumatera," katanya.