Investor tertarik bangun hotel pinggir Sungai Musi

id harnojoyo, plt wali kota

Investor tertarik bangun hotel pinggir Sungai Musi

Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Seorang investor asing tertarik membangun hotel bintang lima di kawasan bantaran Sungai Musi untuk menangkap peluang bisnis ketika Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Hari ini pemerintah kota menerima kedatangan seorang investor asing yang tertarik membangun hotel di dekat Sungai Musi. Investor ini dibawa langsung mantan wakil menteri pariwisata pemerintahan sebelumnya," kata Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo seusai bertemu investor tersebut di Palembang, Kamis.

Ia mengemukakan, pada prinsipnya pemerintah kota sangat mendukung keinginan calon penanam modal ini karena tak berapa lama lagi menjadi tuan rumah ajang olahraga paling bergengsi di Asia.

Berbagai infrastruktur telah dibenahi dan akan ditambah di antaranya, jembatan, jalan, rumah sakit, dan bandara.

"Untuk hotel berbintang bisa dikatakan masih perlu ditambah. Pemerintah sangat mengharapkan ada investor yang mau membangun hotel pada tahun ini agar saat Asian Games nanti sudah digunakan," kata dia.

Terkait dengan lokasi yang mendekati Sungai Musi seperti keinginan investor tersebut, menurut Harnojoyo akan dikaji mengingat terdapat sejumlah areal yang dilindungi atau masuk cagar budaya.

"Maunya investor ini di radius sekitar 100 meter atau 200 meter dari Sungai Musi supaya pemandangannya bagus. Tapi ini akan dikaji lagi," kata dia.

Menurutnya, pemerintah telah mengingatkan bahwa kawasan bantaran sungai ini terbilang padat penduduk sehingga harus membebaskan lahan.

"Berbagai alternatif tentu akan diberikan agar investor mau menanamkan modal. Hari ini mereka diajak berkeliling langsung melihat kawasan Sungai Musi dan langsung menuju Pulau Kemaro," ujar Harnojoyo.

Sumatera Selatan dan DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, Sumsel membenahi fasilitas pendukung untuk kesuksesan kegiatan tersebut.