Selamat jalan Om Bob

id bob sadino, selamat jalan Om Bob, tutup usia, pengusaha, inovator, pengusaha indonesia

Selamat jalan Om Bob

Bob Sadino (ANTARA FOTO)

...."Berhenti lah membuat rencana! Melangkah lah!"....
"Berhenti lah membuat rencana! Melangkah lah!" 
    
Sebuah penegasan sekaligus pesan dari seorang pengusaha sukses yang nyentrik, Bob Sadino, yang menjadi bekal bagi siapa saja ketika berniat ingin sukses.

Bob Sadino, atau yang lebih akrab disapa Om Bob oleh kaum muda yang selalu haus akan kisi-kisi untuk menjadi pengusaha sukses ini alergi terhadap pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan-pernyataan cengeng.

Ia adalah inspirator sekaligus motivator. Pemikirannya selalu diluar perkiraan awam, dan terkadang disebut gila.

Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1939 ini membuka perjalanannya sebagai pengusaha dari menjual telur, dan berproses selama 40 tahun hingga mencapai titik sukses.

Om Bob yang memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino adalah seorang inovator. Dari orang pertama menjual telur dari pintu ke pintu berlanjut menjual ayam, dari menjual sayur berlanjut memproduksi sosis atau daging olahan di Indonesia.

Nama Kem Chicks Supermarket, PT Kem Foods (pabrik sosis dan daging ham), dan PT Kem Farms (kebun sayur) identik dengan dirinya. Sejak 1969, Kemchicks membawa nuansa pulang ke rumah bagi mereka yang datang berbelanja, dan hal itu yang membuat semua merasa nyaman.     
    
Roland Zoe, seorang pembaca buku Belajar Goblok dari Bob Sadino mereview dalam laman goodreads.com, bahwa Bob merupakan sosok sederhana, bersemangat, pejuang tangguh. Pria yang selalu mengenakan celana pendek ini mengajarkan hal-hal kecil yang membuat orang menjadi besar tetapi tetap "low profile".

Sedangkan bagi mantan Presiden BJ Habibie, Bob Sadino adalah sosok sederhana yang bekerja keras. Om Bob menjadi tokoh yang patut dicontoh.

Ucapan belasungkawa dari berbagai kalangan pun mengalir untuk Om Bob di media sosial. Tidak kurang Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim, Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Fahmi Idris, hingga penulis tentang kuliner Bondan Winarno ikut menyampaikan rasa belasungkawa melalui akun twitter.

                                                               Tutup usia
"Innalillahi wainnailaihi rajiun... telah meninggal om bob sadino... allahummaghfirlahu warhamhu... mohon dimaafkan segala kesalahan beliau..."
    
Pesan duka tersebut tertulis di akun Facebook milik Bob Sadino yang pada Senin (19/1), pukul 17.30 WIB, tutup usia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Om Bob meninggal dunia setelah sebelumnya sempat dirawat intensif selama dua minggu di rumah sakit. Kepergian diperkirakan karena penyakit komplikasi yang menyerangnya.

Rencananya jenazah Bob Sadino akan dikebumikan setelah adzan zuhur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta. Sesuai dengan permintaan almarhum, jenazah akan dimakamkan di dekat makam sang ayah.

Sebelum dimakamkan, jenazah Bob Sadino disemayamkan di rumah duka, Jalan P dan K, Pondok Cabe, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Om Bob meninggalkan dua orang putri dan empat orang cucu di usia 75 tahun.

"Selamat jalan Om Bob".