PHRI Sumsel siapkan pembentukan LSP karyawan hotel

id phri sumsel, lembaga sertifikasi profesi, siapkan lsp prpfesi karyawean hotel, sertifikasi, karyawan

PHRI Sumsel siapkan pembentukan LSP karyawan hotel

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin. (Foto Antarasusmel.com/15/Evan Ervani)

...Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) tersebut dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan sertifikasi karyawan hotel dan restoran yang kini masih banyak yang belum bersertifikasi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan pada tahun ini menyiapkan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk meningkatkan kualitas karyawan hotel dan restoran di daerah ini.

Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) tersebut dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan sertifikasi karyawan hotel dan restoran yang kini masih banyak yang belum bersertifikasi, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, dari 6.000 orang karyawan hotel dan restoran yang tersebar di 185 hotel kelas melati dan berbintang di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini, hingga Januari 2015 baru sekitar 2.000 karyawan yang memiliki sertifikasi profesi.

Untuk meningkatkan profesionalisme karyawan hotel dan restoran di provinsi yang pada 2018 nanti akan menjadi tuan rumah Asian Games, PHRI Sumsel berupaya mengintensifkan program sertifikasi karyawan hotel dan restoran.

Guna membekali karyawan hotel dan restoran di daerah ini dengan sertifikasi profesi, sebelum memiliki LSP sendiri, pihaknya menggandeng beberapa LSP dari sejumlah PHRI provinsi lain dan mendapat dukungan tim asesor Badan Standarisasi Nasional Pusat (BNSP) dari Kementerian Pariwisata, katanya.

Pada tahun ini pihaknya mendapat dukungan dari pengurus PHRI Jawa Barat dan Jawa Timur untuk menggunakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) mereka menyelenggarakan sertifikasi profesi karyawan hotel dan restoran di Sumsel.

"PHRI Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing akan memberikan 500 kuota sertifikasi karyawan hotel dan restoran mereka kepada pengelola hotel dan restoran di Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya," ujarnya.

Untuk membekali karyawan hotel dan restoran di daerah ini dengan sertifikasi profesi tersebut diharapkan manajemen hotel mendorong karyawannya untuk mengikuti sertifikasi dan memberikan izin untuk mengikuti tes secara tertulis dan praktik sesuai dengan bidang pekerjaannya, kata Herlan.