Kekurangan sumber energi kendala penyaluran air bersih

id pdam, pdam palembang

Kekurangan sumber energi kendala penyaluran air bersih

Direktur Operasional dan Pemasaran PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya (Foto: antarasumsel.com/Dolly Rosana/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kekurangan sumber energi menjadi kendala utama penyaluran air bersih di Kota Palembang sehingga belum seluruh warga terlayani Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi.

"PDAM masih bertumpu pada energi listrik dari PLN, sementara kenyataannya dalam beberapa bulan terakhir sering terjadi pemadaman," kata Direktur Operasional dan Pemasaran PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya di Palembang, Sabtu.

Ia mengemukakan, belum terpenuhi kebutuhan energi tersebut membuat hanya 80 persen warga Palembang yang bisa mengakses air bersih.

"Pendistribusian air membutuhkan tegangan dikisaran 380 hingga 400 volt, tapi hingga kini hal itu masih sulit terpenuhi," ujar doktor lulusan Universitas George-August Jerman ini.

Selain terkendala ketersediaan energi, PDAM Tirta Musi juga mengakui belum memiliki jaringan yang memadai untuk menjangkau pemukiman warga yang relatif jauh dari instalasi penyaluran air.

Namun, ditengah berbagai keterbatasan tersebut, PDAM tetap mengusung target terpenuhinya kebutuhan air bersih warga kota pada 2020.