KPU OKU belum lakukan tahapan Pilkada

id kpu, kpu oku

KPU OKU belum lakukan tahapan Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan sampai sekarang belum melakukan tahapan pemilihan kepala daerah secara langsung, karena masih menunggu keputusan dari pusat.

"Kita tunggu dulu keputusan dari pusat, karena nanti baru bisa diketahui apakah Pilkada tetap langsung atau kembali ke DPRD," Kata Ketua KPU Kabupaten OKU, Naning Wijaya di Baturaja, Selasa.

Kendati demikian, lanjut Naning, pihaknya sudah melaksanakan pra tahapan Pilkada, yakni mengajukan anggaran pelaksanaan Pilkada sebesar Rp26 miliar.

"Dana yang diajukan itu termasuk untuk publikasi di media cetak nasional maupun lokal. Nanti kita gilirkan publikasinya," tegasnya.

Selain itu, kata Naning, saat ini juga belum ada kejelasan apakah pilkada OKU dilaksanakan 2015 atau diserentakkan dengan daerah lain 2016.

"Pelaksanaan Pilkada belum bisa dipastikan dan mengambil langkah-langkah," kata Naning.

Menurut dia, semua belum dibentuk, karena masih menunggu kepastian dulu.

"Kalau memang dilakukan secara langsung di 2015, maka saya yakin semua persiapan bisa dilakukan tepat waktu," tegasnya.

Terkait belum dibahasnya APBD OKU, Naning mengatakan, hal itu tidak akan mempengaruhi pelaksanaan Pilkada OKU.

"Dari konsultasi kita ke pemerintah daerah, ternyata dana pelaksanaan Pilkada masih bisa dianggarkan meskipun APBD OKU 2015 tak dibahas, karena bisa mengacu kepada anggaran lama," ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut Naning, pihaknya tetap melaporkan kondisi tersebut ke provinsi, karena apapun kondisinya, pelaksanaan Pilkada OKU tak akan terhambat.

Di samping itu dibawah kepemimpinannya, KPUD OKU ternyata tak disangka-sangka mendapat penghargaan dengan Kategori Penyelenggara Pemilu Berintegritas, karena sukses melaksanakan Pemilihan Legislatif 2014 tanpa ada gugatan.

Selain itu, KPUD OKU juga dinilai transparan dalam menyelenggarakan Pemilu Legislatif 2014.

"Alhamduillah KPU OKU dapat yang terbaik se-Sumsel. Selain itu, KPU Ogan Komering Ilir juga mendapat penghargaan dari provinsi dengan kategori Sosialisasi Terbaik dan KPU Prabumulih dapat penghargaan Pendataan DPT terbaik," tegasnya.

Dengan adanya penghargaan itu, kata Naning, menambah motivasi seluruh komisioner KPU OKU agar kedepan bisa bekerja semakin maksimal dan menambah motivasi dalam melaksanakan Pilkada OKU mendatang, sehingga tak ada gugatan seperti Pemilu Legislatif 2014.