BPK serahkan hasil pemeriksaan belanja daerah Sumsel

id bpk, ketua BPK

BPK serahkan hasil pemeriksaan belanja daerah Sumsel

Ketua BPK RI perwakilan Wilayah Sumatera Selatan I Gede Kaswana. (Oleh Evan Ervani)

Palembang ( ANTARA Sumsel ) - Badan Pemeriksa Keuangan RI menyerahkan hasil pemeriksaan belanja daerah semester II tahun 2014 kepada 10 kepala daerah kabupaten dan kota di gedung BPK Palembang, Selasa.

Laporan hasil pemeriksaan belanja daerah tersebut diserahkan oleh Ketua BPK RI perwakilan Wilayah Sumatera Selatan I Gede Kaswana.

Sebanyak 10 bupati dan wali kota di Sumsel pada kesempatan itu menerima laporan hasil pemeriksaan belanja daerah atas pengelolaan yang terdiri atas pelaksanaan Pemilu, belanja daerah tahun 2013 dan 2014, sarana dan prasarana pendidikan, penyediaan air bersih PDAM Tirta Musi.

Selanjutnya laporan belanja daerah atas operasional rumah sakit umum daerah.

Menurut I Gede Kaswana, proses pemeriksaan atas belanja daerah tersebut BPK menggunakan metode BMP atau best management pratice bertujuan memberikan gambaran riil kinerja lembaga dan perusahaan daerah yang diperiksa melalui badan estensial telah disepakati oleh BPK.

Dengan demikian, kata dia, hasil pemeriksaan tersebut lebih transparan seperti yang telah dilakukan sebelumnya pada semester I tahun 2014.

Menurut dia, hal yang lebih penting dalam pemeriksaan tersebut seperti masalah PDAM Tirta Musi adalah terus berupaya memperbaiki dan membersihkan kinerja proses ke depan, karena penyediaan air bersih di tahun 2015 dari produk harus 65 persen sudah terpenuhi sehigga pihak BPK harus mengecek ulang.

Hal itu dimaksudkan, karena dari hasil pemeriksaan yang ada pihak BPK masih banyak menemukan hal sama terjadi setiap tahun di suatu daerah dalam kinerjanya.

Selanjutnya, masalah perjalanan dinas dan kekurangan pelaksanaan pekerjaan, seperti proyek jalan masih sangat perlu diperhatikan di sini, sehingga kepala daerah yang menjabat dapat memberikan tindakan atas kinerja dinas dan instansi terkait di daerahnya.